Jumat 13 May 2022 19:57 WIB

Sudah Selesai Mudik? Jangan Lupa Cek Komponen Mobil Ini

Masyarakat menggunakan mobil untuk perjalanan jarak jauh untuk mudik.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Montir memeriksa kondisi mobil.ilustrasi
Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA FOTO
Montir memeriksa kondisi mobil.ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama lebaran, sejumlah masyarakat menggunakan mobil untuk perjalanan jarak jauh untuk mudik maupun untuk liburan. Setelah libur lebaran usai, pengendara pun disarankan untuk melakukan pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh.

Sparepart Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Christiana Yuwantie mengatakan, pemeriksaan mobil paska perjalanan jarak jauh tentu akan berbeda dengan pemeriksaan mobil yang digunakan sehari-hari. "Pemilik kendaraan wajib melakukan pemeriksaan kondisi mobil agar kinerjanya tetap optimal. Salah satu komponen yang perlu diperiksa adalah kondisi suku cadang," kata Christiana Yuwantie dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Jumat (13/5).

Baca Juga

Kondisi suku cadang yang penting untuk diperiksa diantaranya adalah filter oli dan oli mesin, busi, filter udara, kampas rem, ban mobil, aki dan wiper.

Untuk filter oli dan oli mesin, pengendara harus memperhatikan jadwal rutin pengecekan oli mesin dan filter oli. Oli mesin menjadi salah satu bagian terpenting yang harus diperhatikan karena berfungsi untuk melumasi bagian dalam mesin agar bekerja secara optimal sekaligus mencegah gesekan antar komponen.

Sedangkan filter oli berfungsi menyaring karbon dan kotoran hasil gesekan mesin sebelum oli mesin disebar ke seluruh bagian.

"Busi memiliki peran penting terhadap kinerja mesin mobil. Maka dari itu, pemilik kendaraan juga harus melakukan pengecekan dan memastikan kondisi busi. Penggantian busi dianjurkan setiap pemakaian 20.000 kilometer untuk memberikan pembakaran yang lebih sempurna sehingga mobil dapat digunakan dengan aman dan nyaman," ucapnya.

Sepanjutnya, pemilik kendaraan harus memastikan pemeriksaan filter udara dan diganti apabila sudah mencapai batas waktu pemakaian. Mengingat, kondisi lingkungan dan jalan saat perjalan jauh akan berbeda dengan jalur mobilitas sehari-hari. Filter udara dapat membantu menghemat konsumsi bahan bakar yang digunakan karena filter udara berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran dari udara luar.

Untuk kampas rem, pengendara harus memastikan kondisinya karena kendaraan digunakan dalam kemacetan atau saat melalui jalur one way dengan kecepatan tinggi dalam waktu lama, atau melakukan braking dengan frekuensi lebih sering.

Selain kampas rem, tentu kondisi ini juga berpotensi membuat ban lebih cepat aus. Oleh karena itu, pengendara perlu melakukan pemeriksaan atau penggantian ban serta melakukan sporing dan balancing untuk memastikan kinerja ban dan roda secara keseluruhan.

Sementara itu, aki juga harus diperiksa kondisinya agar memastikan sistem kelistrikan dan fitur engine starter bisa berjalan dengan baik. Untuk wiper, bagian utama yang perlu diperiksa adalah bagian karet yang berpotensi mengalami penurunan kualitas saat terkena panas dan hujan.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement