Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Kemenko PMK: Pemerintah Sudah Jalankan Prosedur Antisipasi Kasus Hepatitis Akut

Jumat 13 May 2022 18:18 WIB

Rep: Wisnu Aji Prasetiyo/ Red: Fian Firatmaja

Petugas kesehatan menyusun peralatan yang ada di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang, Sumatera Barat, Kamis (12/5/2022). Pihak RSUP M Djamil menyiapkan ruang isolasi khusus untuk penanganan penyakit hepatitis akut sebagai antisipasi lonjakan penyakit tersebut.

Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi
EMBED
Sejumlah langkah telah disiapkan pemerintah untuk atasi penyakit hepatitis akut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan pemerintah agar terus memberi penjelasan yang akurat kepada masyarakat terkait kasus dan penanganan penyakit hepatitis akut. Puan pun mengingatkan pemerintah terus memantau pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) agar menjaga peserta didik dari penyebaran hepatitis.

Menanggapi hal itu, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Agus Suprapto mengungkapkan pihaknya juga mendorong masyarakat untuk mengakses informasi terkait hepatitis dari sumber yang kredibel dan terpercaya.

Masyarakat diminta untuk mengakses informasi akurat yang telah disediakan pemerintah atau lembaga atau organisasi yang memiliki otoritas. Selain itu, pemerintah juga telah melakukan langkah-langkah antisipasi terkait kekhawatiran merebaknya hepatitis akut pada anak.

Menurutnya, Kemenko PMK dan Kemenkes telah mengadakan rapat untuk membahas beberapa tema pokok, di antaranya prosedur penanganan yang bisa diantisipasi, menetapkan laboratorium yang akan ditingkatkan kemampuannya untuk memeriksa hepatitis, menetapkan rumah sakit yang bisa dijadikan tumpuan utama dalam penanganan hepatitis, dan komunikasi risiko. Agus pun menekankan agar semua pihak patuh dalam pelaksanaan protokol kesehatan.

 

 

 

 

Video Editor | Wisnu Aji Prasetyo

Sumber : Dok. Kemenko PMK

Dapatkan Update Berita Republika

 
 

BERITA LAINNYA