Jumat 13 May 2022 16:50 WIB

Live Sepak Bola SEA Games: Indonesia Ungguli Filipina pada Babak I

Indonesia menutup babak pertama dengan skor 2-0 melalui gol M. Ridwan dan Rizky Ridho

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Timnas Indonesia.
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Timnas Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia membuat start apik saat menghadapi Filipina pada laga Grup A SEA Games 2021 di Viet Tri Stadium, Jumat (13/5/2022) sore WIB. Tim asuhan Shin Tae-yong yang wajib menang berhasil menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0 melalui gol M. Ridwan dan Rizky Ridho. 

Indonesia menerima tekanan pada menit-menit awal pertandingan, tapi pertahanan tim Garuda Muda bekerja dengan baik untuk mengatasi ancaman dari Filipina. Garuda Muda juga mampu memberikan ancaman di menit keenam saat Witan Sulaeman berhasil menembus kotak penalti. Namun Quinci berhasil mengantisipasi pergerakan Witan.

Indonesia terus mencari ruang untuk membongkar pertahanan Filipina. Pada menit ke-14, Egy berhasil menjebol gawang Filipina, tapi dia sudah berada dalam posisi offside. Dua menit berselang Witan mendapatkan peluang ketika menerima bola di sisi kiri kotak penalti Filipina tapi tembakan kaki kanannya ke gawang berhasil diblokir oleh Quinci dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Indonesia berhasil memimpin lebih dulu pada menit ke-18 ketika Egy menerima umpan terobosan di sisi kanan dan hanya tinggal berhadapan dengan kiper. Ia kemudian memilih untuk mengumpan ke sisi kiri di mana Ridwan tinggal menyuapkan bola ke gawang Filipina. Indonesia pun memimpin 1-0.

Ricky Kambuaya melakukan pergerakan yang baik di menit ke-27 saat kombinasi serangan Garuda Muda mampu menekan area pertahanan Filipina hingga ke kotak penalti. Ricky melihat ruang terbuka Egy di sisi kanan yang dilanjutkan dengan umpan tarik ke tengah kotak penalti tapi itu belum akurat karena justru mengarah ke kaki lawan.

Witan gagal memaksimalkan peluang terbaik di depan gawang yang sudah ditinggalkan oleh kiper ketika ia menerima umpan terobosan dari Egy di menit ke-32. Tendangan lemah Witan pun bisa diamankan dengan mudah oleh Jaime di mulut gawang Filipina. 

Sejurus kemudian Filipina mendapatkan peluang mereka dengan tendangan salto dari kotak penalti Indonesia. Namun tendangan tersebut mengarah tepat ke kiper sehingga dapat dengan mudah diamankan oleh Ernando. 

Ridwan gagal memanfaatkan peluang emas untuk menggandakan keunggulan Indonesia ketika ia menerima umpan di kotak penalti dari Alfeandra. Tapi ia memilih melepaskan tembakan daripada memberikannya kepada Egy yang kosong di sebelah kanan. Tendangan terburu-buru Ridwan pun melebar di sisi kanan.

Indonesia akhirnya menggandakan keunggulan di menit ke-45 melalui situasi tendangan bebas. Abimanyu yang mengeksekusi tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti berhasil mengarahkan bola tepat ke mulut gawang yang disambut dengan tandukan Rizky Ridho untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Daftar Susunan Pemain

Filipina (5-4-1)

Quinci Julian (kiper); Miguel Antonio, Jaime Rosquillo, Chtistian Rontini, Yrik Gallantes, Oliver Bias; Dennis Chung, Scott Phillip, Enrique Linares, Oskari Johannes; Jovin Bedic.

Indonesia (4-4-2)

Ernando Ari; Fachruddin Aryanto, Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho; Witan Sulaeman, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Syahrian Abimanyu; Egy Maulana Vikri, M. Ridwan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement