Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Pintu Keutaaman yang Diajarkan Kepada Muaz Bin Jabal

Agama | Friday, 13 May 2022, 09:13 WIB
Dok. Fotografernet. Iustrasi. Masjid Baiturrahman Aceh.

Muaz Bin Jabal merupakan sahabat Nabi Muhammada saw yang tergolong dalam ulamanya para sahabat.

Ketika ia meminta kepada Baginda tentang bagaimana jalan ke surga dan segala pintu kebaikannya, maka Nabi Muhammad saw menyampaikan rangkaian pesan berikut (termaktub dalam hadis arbainn an nawawi no 29):

Awalnya Nabi berkomentar bahwa pertanyaan Muaz sangat berat. Namun Allah akan memudahkan perkara itu ke siapun yang Dia kehendaki. Lalu berpesan:

1. Menyembah Allah azza wajalla tanpa menyekutukanNya. 2. Menegakkan shalat. 3.Menunaikan zakat. 4.Berpuasa ramadan. 5. Berhaji ke Baitullah.

Amalan sunnah:

6. Berpuasa sunnah sebagai perisai. 7.Bersedekah dapat menghapus kesalahan seperti arti yang memadamkan api. 8. Mengerjakan shalat tahajjud di akhir malam, seorang yang lambungnya jauh dari tempat tidur, beribadah di malam hari.

Pangkal setiap perkara:

9. Pangkal segala perkara adalah Islam. 10. Tiang agama Islam adalah shalat. 11.puncak kebajikan dalam Islam adalah jihad. 12. Menjaga lisan, sebagai tali pengikat semua perkara di atas.

Artinya bila lisan TAK dijaga maka semua perkara di atas akan binasa: Termasuk lisan yang menolak sahadat/murtad (nauzu billah).

Semoga Allah swt Membimbing kita ke jalan keutamaan yang tersebut di atas. Aamiin Yaa Rabb.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image