Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Jerman Sambut Antusias Finlandia untuk Jadi Anggota NATO

Jumat 13 May 2022 09:05 WIB

Red: Esthi Maharani

Jerman pada Kamis (12/5/2022) menyambut baik pernyataan para pemimpin Finlandia tentang keinginan mendapat keanggotaan NATO.

Jerman pada Kamis (12/5/2022) menyambut baik pernyataan para pemimpin Finlandia tentang keinginan mendapat keanggotaan NATO.

Kanselir Jerman Scholz memuji keputusan Finlandia untuk bergabung dengan NATO

REPUBLIKA.CO.ID., BERLIN -- Jerman pada Kamis (12/5/2022) menyambut baik pernyataan para pemimpin Finlandia tentang keinginan mendapat keanggotaan NATO.

Kanselir Jerman Olaf Scholz menyambut langkah itu dalam percakapan telepon dengan Presiden Finlandia Sauli Niinisto, ungkap juru bicara pemerintah Steffen Hebestreit dalam sebuah pernyataan.

“Kanselir Scholz menyambut baik pernyataan hari ini oleh presiden dan perdana menteri Finlandia, di mana kedua pemimpin mengatakan mereka mendukung pengajuan keanggotaan NATO tanpa penundaan,” sebut Hebestreit.

Kanselir Jerman juga menjanjikan "dukungan penuh" Jerman kepada Finlandia dalam hal ini, tambah dia.

Para pemimpin Finlandia mengumumkan dalam sebuah pernyataan bersama niat mereka untuk mendapatkan keanggotaan NATO, serta menentang peringatan Rusia bahwa mereka tidak ingin anggota lain dari aliansi militer di perbatasannya.

“Finlandia harus mengajukan keanggotaan NATO tanpa penundaan. Kami berharap langkah-langkah nasional yang masih diperlukan untuk membuat keputusan ini akan diambil dengan cepat dalam beberapa hari ke depan,” kata para pemimpin Finlandia.

Finlandia memiliki perbatasan sepanjang 1.300 kilometer dengan Rusia, dan di awal Perang Dunia II, Finlandia dengan keras mempertahankan diri dari invasi Soviet.

Negara ini mempertahankan netralitas militer yang ketat selama Perang Dingin, tetapi pada tahun 1995 mencapai kesepakatan kemitraan dengan NATO.

Setelah Rusia melancarkan perang melawan Ukraina pada 24 Februari, dukungan Finlandia untuk mendapat keanggotaan NATO bertambah secara signifikan.

Rusia telah berulang kali mengatakan bahwa Finlandia dan tetangganya Swedia tidak boleh bergabung dengan NATO, dan menyebut langkah itu sebagai ancaman bagi keamanannya

 

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/jerman-sambut-antusias-finlandia-untuk-jadi-anggota-nato/2586588
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA