Jumat 13 May 2022 07:07 WIB

Jokowi Ajak Pemimpin Dunia Luncurkan Serangan Terakhir ke Covid-19

Kata Jokowi, pandemi Covid-19 memberi pelajaran sangat berharga bagi semua bangsa.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (12/5/2022).
Foto: BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (12/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo mengajak pemimpin dunia memanfaatkan momentum menurunnya jumlah kasus Covid-19 saat ini, untuk meluncurkan serangan terakhir. Caranya dengan setiap negara saling berkolaborasi dalam hal vaksinasi.

"Momentum turunnya jumlah kasus saat ini, harus dimanfaatkan untuk meluncurkan pukulan terakhir terhadap Covid-19," ujar Presiden Jokowi dalam pidatonya pada KTT Global Covid-19 Ke-2, di Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (12/5/2022), yang diunggah dalam Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (13/5/2022) dini hari WIB.

Jokowi menekankan, vaksin harus secepatnya menjadi vaksinasi. Kolaborasi semua negara harus menjembatani tantangan vaksinasi, mulai dari pembiayaan, logistik dan sumber daya manusia.

Jokowi juga menyampaikan pandemi Covid-19 memberikan pelajaran sangat berharga bagi semua bangsa. Menurut dia, ketahanan kesehatan dan kesiapsiagaan dunia terhadap pandemi ternyata tidak cukup kuat. Akibatnya, harga yang harus dibayar sangatlah mahal, yakni jutaan orang kehilangan nyawa dan perekonomian dunia mengalami keterpurukan.

 

"Oleh karenanya, kita harus bekerja sama mengatasi pandemi serta membangun arsitektur kesehatan dan kesiapsiagaan dunia yang lebih kuat. Untuk mengatasi pandemi, percepatan vaksinasi harus dilakukan untuk menjangkau 70 persen penduduk setiap negara," jelas Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement