Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Jokowi Ajak Pemimpin Dunia Luncurkan Serangan Terakhir ke Covid-19

Jumat 13 May 2022 07:07 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (12/5/2022).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (12/5/2022).

Foto: BPMI Setpres
Kata Jokowi, pandemi Covid-19 memberi pelajaran sangat berharga bagi semua bangsa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo mengajak pemimpin dunia memanfaatkan momentum menurunnya jumlah kasus Covid-19 saat ini, untuk meluncurkan serangan terakhir. Caranya dengan setiap negara saling berkolaborasi dalam hal vaksinasi.

"Momentum turunnya jumlah kasus saat ini, harus dimanfaatkan untuk meluncurkan pukulan terakhir terhadap Covid-19," ujar Presiden Jokowi dalam pidatonya pada KTT Global Covid-19 Ke-2, di Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (12/5/2022), yang diunggah dalam Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (13/5/2022) dini hari WIB.

Jokowi menekankan, vaksin harus secepatnya menjadi vaksinasi. Kolaborasi semua negara harus menjembatani tantangan vaksinasi, mulai dari pembiayaan, logistik dan sumber daya manusia.

Jokowi juga menyampaikan pandemi Covid-19 memberikan pelajaran sangat berharga bagi semua bangsa. Menurut dia, ketahanan kesehatan dan kesiapsiagaan dunia terhadap pandemi ternyata tidak cukup kuat. Akibatnya, harga yang harus dibayar sangatlah mahal, yakni jutaan orang kehilangan nyawa dan perekonomian dunia mengalami keterpurukan.

"Oleh karenanya, kita harus bekerja sama mengatasi pandemi serta membangun arsitektur kesehatan dan kesiapsiagaan dunia yang lebih kuat. Untuk mengatasi pandemi, percepatan vaksinasi harus dilakukan untuk menjangkau 70 persen penduduk setiap negara," jelas Jokowi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA