Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

5 Fakta Illuminati Dalam Film Doctor Strange 2

Jumat 13 May 2022 07:00 WIB

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id

Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

5 Fakta Illuminati Dalam Film Doctor Strange 2

VIVA – Film Doctor Strange kedua dengan judul Multiverse of Madness saat ini masih menjadi film yang paling banyak diperbincangkan dan masih menduduki urutan satu di Box Office dunia. 

Pada satu adegan, Karl Mordo menyebutkan dalam dialognya "Stephen Strange, The Illuminati will see you now" atau jika diartikan "Stephen Strange, Illuminati akan menemui mu sekarang". Para penonton pasti bertanya - tanya, apa hubungannya film Marvel yang satu ini dengan Illuminati. Apa Illuminati di sini adalah sama dengan Illuminati yang dikabarkan beranggotakan para elite di dunia?

Jawabannya adalah tidak. Illuminati pada film ini merujuk pada sebuah organisasi atau kelompok rahasia yang mengambil keputusan - keputusan besar dan penting pada kejadian di semesta tersebut. Tidak berbeda jauh memang dengan Illuminati yang ada di dunia nyata. 

Pertama Muncul pada 2005 

 

The Illuminati pertama kali muncul dan disebutkan pada Juli 2005 silam pada komik Marvel Comics New Avangers volume 7.  Kelompok ini terbentuk berawal ketika Iron Man melakukan pertemuan dengan pemimpin dari sejumlah kelompok superhero atau komunitas besar di Bumi. Pertemuan ini terjadi setelah Bumi mendapatkan serangan dari ras alien Skrull dan Kree yang melangsungkan perang mereka di planet tersebut.

Ya benar, Iron Man lah yang menyarankan untuk membentuk sebuah 'organisasi' agar pemimpin dari berbagai kelompok atau komunitas superhero bisa berbagi informasi demi keselamatan bersama, layaknya kerjasama antar negara, namun ini antar organisasi pahlawan. 

Namun, mereka ingin organisasi ini, yang kemudian dinamakan Illuminati ini, bersifat rahasia. Pasalnya, mereka berpotensi membuat sebuah keputusan yang kemungkinan besar akan menimbulkan kontra dengan pihak luar terkait keselamatan Bumi. Hasilnya, Illuminati menjadi sebuah kelompok superhero yang keberadaannya cukup rahasia, bahkan oleh pahlawan lain.

Para Elite di dalamnya adalah para jenius

 

Para pendiri dan anggota Illuminati terdiri dari para pemimpin kelompok super hero yang tersebar di Bumi. 

Perwakilan di para Avangers adalah Iron Man, Mr. Fantastic atau dr. Richard Reed adalah perwakilan Fantastic Four, Professor X atau Charles Xavier adalah perwakilan dari X-Men, Doctor Strange atau Stephen Strange perwakilan dari Masters of the Mystic Arts, Namor perwakilan dari Atlantis,dan Black Bolt perwakilan dari Inhumans.

Namun , jika memang The Illuminati selanjutnya akan tampil di film lanjutan Marvel setelah Doctor Strange, maka susunan anggootanya akan berbeda. Sebab, berdasarkan rumor yang beredar, anggota Illuminati versi MCU terdiri atas Mr. Fantastic, Captain Marvel versi Maria Rambeau, Captain Carter, Black Bolt, Iron Man versi Tom Cruise, Supreme Mordo, Bruce Banner, hingga Magneto versi Sir Ian McKellen.

Tiap anggotanya pernah memiliki Infinity Stone

 

Para penonton film - film Marvel pasti tak asing dengan Infinty Stone, yang mana merupakan batu atau salah satu artefak atau bedan berkekuatan sangat besar yang ada pada Marvel Universe. Pada versi komik, seluruh anggota Illuminati sempat memiliki seluru Infinity Stone secara bersamaan. Namun karena besarnya kekuatan Infinity Stone yang sulit untuk dikendalikan, maka Illuminati sepakat untuk membagi keenam Infinity Stone kepaa setiap anggota untuk dijaga oleh kelompoknya masing - masing. Namun, dengan perjanjian bahwa mereka hanya akan menjaganya, dan tidak akan menggunakannya. 

Punya saingan kelompok villain bernama The Cabal 

 

Hal yang tak asing, adalah hampir setiap kelompok pahlawan super dalam Marvel Universe pasti memiliki grup musuh yang disebut supervillain. Begitu pula dengan Illuminati. Sebah kelompok, yang mana adalah musuh bebuyutan Illuminati yang bernama The Cabal, adalah supervillain nya Illuminati. 

Sama seperti Illuminati, The Cabal juga berisikan villain yang terkenal memiliki kemampuan yang jenius sekaligus manipulatif. Menariknya, Namor juga sempat menjadi salah satu anggota dari kelompok villain ini, lho. Formasi lengkap dari The Cabal terdiri atas Doctor Doom, Emma Frost, Norman Osborn, Hood, Namor, dan juga Loki. Namun, bukan Loki yang menjadi musuh utama di film the Avangers pertama, namun sosok Loki yang menjadi anggota dari The Cabal adalah Lady Loki alias Loki yang menggunakan wujud perempuan

Munculnya Pemain Baru yang "Lama"

 

Salah satu anggota yang akan menjadi anggota Illuminati pada film Marvel Universe adalah Captain Carter. Terdengar tak asik bukan? Benar, Captain Carter adalah Peggy Carter, kekasih Captain America atau Steve Roger. 

Melalui serial 'What If…?', Captain Carter diceritakan sebagai Avenger pertama. Yap! Captain Carter memang menggantikan sang kekasih yaitu Steve Roger atau Captain Amerika sebagai superhero manusia pertama yang terkena super serum.

Masih diperankan oleh Hayley Atwell, agen Peggy Carter tersebut terlihat memiliki penampilan dan perisai yang sama dengan Captain Carter. Namun yang menjadi pembeda adalah Captain Carter di versi Earth-838 tersebut mengenakan jetpack untuk terbang. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA