Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Pelatih Interim Burnley Jadi Manajer Terbaik Bulanan Liga Primer Inggris

Jumat 13 May 2022 02:39 WIB

Red: Israr Itah

Manajer interim Burnley Mike Jackson.

Manajer interim Burnley Mike Jackson.

Foto: Tangkapan Layar Sky Sports
Burnley tak terkalahkan dalam empat pertandingan yang didampingi Mike Jackson.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manajer interim Burnley Mike Jackson meraih penghargaan pelatih terbaik bulanan Liga Primer Inggris untuk periode April, demikian diumumkan Liga Primer dalam lamannya pada Kamis (12/5/2022). Jackson yang dipercaya memimpin Burnley setelah klub ini memecat Sean Dyche pertengahan bulan lalu sukses mengantarkan The Clarets tak terkalahkan dalam empat pertandingan yang didampinginya dalam separuh akhir April. 

Itu membuat Jackson menjadi pelatih Burnley pertama yang mengarungi empat pertandingan pertama dalam liga tertinggi sepak bola Inggris itu tanpa satu kali kalah pun. Sosok yang sebelumnya bertugas sebagai pelatih tim U-23 Burnley tersebut berhasil tiga kali menang dan satu kali imbang selama April.

Baca Juga

Pencapaian ini mengangkat Burnley dari zona degradasi, sebagaimana diwariskan saat Dyche dipecat. Burnley sebelumnya berada di urutan ke-18 klasemen dengan 24 poin dan terpaut empat poin dari zona aman.

Catatan ini membuat Jackson menyisihkan kandidat akhir pelatih terbaik bulanan April seperti manajer Manchester City Pep Guardiola, manajer Liverpool Juergen Klopp, dan pelatih kepala Brentford Thomas Frank.

Setelah membuka masa kepelatihannya dengan menahan imbang West Ham United 1-1 pada 17 April, Jackson memimpin Burnley meraih dua kemenangan kandang secara beruntun atas Southampton (2-0) dan Wolverhampton (1-0).Dia menutup April dengan kepiawaian Burnley membalikkan ketertinggalan menjadi kemenangan 2-1 di kandang Watford berkat gol-gol Jack Cork dan Josh Brownhill dalam menit-menit akhir pertandingan.

Kendati catatan tak terkalahkanJackson berakhir setelah takluk 1-3 kepada tim tamu Aston Villa akhir pekan lalu, Burnley kini menempati urutan ke-17 klasemen dengan 34 poin setara dengan Leeds United yang berada di bawahnya. Namun, Burnley memiliki satu pertandingan sisa lebih banyak.

Burnley masih memiliki tiga laga untuk dimainkan dalam perjuangan menghindari degradasi di kandang Tottenham Hotspur pada Ahad (15/5), di kandang Aston Villa (19 Mei), dan menutup musim dengan menjamu Newcastle United di Turf Moor (22 Mei).

Berikut daftar peraih penghargaan pelatih terbaik bulanan Liga Premier Inggris 2021-22:

Agustus - Nuno Espirito Santo (Tottenham Hotspur)

September - Mikel Arteta (Arsenal)

Oktober - Thomas Tuchel (Chelsea)

November - Pep Guardiola (Manchester City)

Desember - Pep Guardiola (Manchester City)

Januari - Bruno Lage (Wolverhampton)

Februari - Eddie Howe (Newcastle United)

Maret - Mikel Arteta (Arsenal)

April - Mike Jackson (Burnley)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA