Jumat 13 May 2022 07:02 WIB

5 Film Horor Lokal Diangkat Berdasarkan Kisah Nyata

5 Film Horor Lokal Diangkat Berdasarkan Kisah Nyata

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
KKn di Desa Penari 2022
KKn di Desa Penari 2022

VIVA – Sebagian besar masyarakat Indonesia diketahui sangat menyukai film dengan genre horor, terlebih kisah dalam film horor tersebut diangkat dari kisah nyata yang pernah dialami seseorang. Terbukti, baru-baru ini filim KKN di Desa Penari tembus 3,7 juta penonton di hari ke-11 tayang.

Konon, film tersebut diadopsi dari kisah nyata yang sempat viral di media sosial Twitter pada tahun 2019 lalu. Bagi sebagian orang menonton film horor yang diangkat berdasarkan kisah nyata akan dirasa lebih seru dan menegangkan, karena kejadian tersebut benar-benar dialami oleh orang lain.

Berikut VIVA telah merangkumnya dari berbagai sumber mengenai sederet film horor lokal yang diangkat berdasarkan kisah nyata

1. KKN Di Desa Penari (2022)

 

Film ini diangkat dari pengalaman pribadi mahasiswa yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa di Jawa Timur. KKN di Desa Penari bercerita tentang 6 mahasiswa yaitu Nur (Tissa Biani), Widya (Adinda Thomas), Ayu (Aghniny Haque), Bima Achmad Megantara, Anton (Calvin Jeremy), dan Wahyu (M Fajar Nugraha) yang melaksanakan kegiatan KKN di desa yang menyimpan kisah misteri.

Film arahan sutradara Awi Suryadi berdurasi 2 jam 1 menit dengan menyajikan cerita horor yang diakui pernah dialami Sebagian orang, seperti saat dua orang diantara mereka menghadiri pesta yang diketahui adalah pesta dari bangsa jin. Suara gamelan dan lainnya. Film ini full menyajikan jumpscare di tiap-tiap adegannya, membuat penonton sering dibuat ‘kaget’ saat menyaksikan film tersebut. 

2. Gasing Tengkorak (2017)

 

Disutradarai Jose Poernomo, film Gasing Tengkorak diadaptasi dari cerita nyata permainan tradisional asal Minangkabau yang dijadikan media teror untuk membuat seseorang celaka.

Satu hari seorang aktris ternama yaitu Veronica (Nikita Willy) dikisahkan tinggal di desa terpencil untuk mencari ketenangan dari rutinitas sehari-harinya. Ia juga sempat menemukan mainan gasing. Namun siapa sangka kalau gasing itu justru membawa malapetaka dan mengancam jiwanya sebagai tumbal.

3. Terowongan Casablanca (2007)

 

Film ini terinspirasi dari kejadian menyeramkan yang sering terjadi di Terowongan Casablanca, Kuningan, Jakarta Selatan. Buat kamu para anak Jaksel yang doyan nongkrong di Kokas tentu tahu kan, terowongan ini?

Menurut informasi banyak kesaksian warga yang pernah melihat hantu nenek-nenek seram yang suka menampakkan diri di Terowongan Casablanca. Ada yang mengatakan juga bahwa dulunya sebelum dijadikan jalan, Terowongan Casablanca merupakan kuburan massal.

4. Hantu Jeruk Purut (2006)

 

Film ini diadaptasi dari sebuah cerita yang beredar luas di masyarakat sekitar TPU Jeruk Purut, Jakarta selatan. Makam ini dikenal mempunyai sejumlah kisah mengerikan, salah satunya kisah hantu pastor yang seringkali terlihat tanpa kepala berkeliaran di sekitar TPU.

Kisah itulah yang akhirnya diangkat ke dalam layar lebar oleh Nayato Fio Nuala selaku sutradara film Hantu Jeruk Purut. Film ini pun sempat dibikin sekuelnya berjudul Hantu Jeruk Purut Reborn yang dirilis pada 2017 lalu.

5. Rumah Pondok Indah (2006)

 

Film ini diadaptasi dari kisah rumah yang berlokasi di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, rumah ini terkenal angker dan seram di kalangan warga sekitar. Pasalnya, banyak warga yang mengatakan bahwa penjual nasi goreng di sekitar rumah angker tersebut tiba-tiba menghilang secara misterius.

Film ini berkisah tentang pengalaman sebuah keluarga yang sering dihantui oleh makhluk halus. Dalam kurun waktu 24 jam seluruh keluarga tersebut tewas secara misterius. Peristiwa mengerikan tersebut terus berulang meski rumah telah berpindah tangan ke pemilik yang baru.

Itulah sederet film horor lokal yang diangkat dari kisah nyata, film-film tersebut sangat menegangkan jika kamu menontonnya.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement