Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Arda Turan Mengaku Punya Masalah Mental Selama Berkarier di Turki

Kamis 12 May 2022 18:58 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

 Pemain timnas Turki, Arda Turan.

Pemain timnas Turki, Arda Turan.

Foto: EPA/CHRISTIAN BRUNA
Turan tidak dapat pulih dengan baik secara psikologis selama di Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Mantan pemain Barcelona dan Atletico Madrid, Arda Turan, mengungkapkan masalah kesehatan mental yang dialaminya selama berkarier di Turki. Ia memang terkenal pemain dengan temperamen yang tinggi dan kerap melakukan tekel keras.

Turan merupakan salah satu pemain yang cukup terkenal di Spanyol. Setelah menjalani karier di Turki bersama Istanbul Basaksehir dan terakhir Galatasaray, Turan pun mengakui dirinya punya masalah mental.

Baca Juga

''Saya mengalami masalah tidur selama bertahun-tahun. Saya tidak bisa tidur nyenyak. Ini pengakuan. Tapi saya tidak menjaga diri dengan baik. Alasannya murni psikologis,'' ujar Turan dikutip dari Football-Espana, Kamis (12/5/2022).

Turan menjelaskan, ada masa saat dirinya tidak dapat pulih dengan baik secara psikologis. Pemain timnas Turki ini kemudian melakukan diet dan berhenti setelah 10 hari.

Pemain berusia 35 tahun itu gagal bersinar di Barcelona, dengan hanya 36 kali bertanding selama lima tahun. Padahal, gelandang serang itu cukup sukses di Atletico Madrid.

Karena itulah Barcelona meminjamkannya ke Basaksehir, sebelum akhirnya dijual ke Galatasaray. Tapi, bermain di Turki justru menurunkan motivasinya sehingga tidak bisa maju.

''Saya menjaga diri saya jauh lebih baik di Spanyol karena saya merasa jauh lebih bebas. Tidak ada yang lebih baik daripada merasa bebas. Suasana di negara itu (Turki) menurunkan motivasi saya,'' jelas Turan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA