Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Timnas Ukraina Kembali ke Lapangan Setelah Invasi Rusia, Kalahkan Klub Jerman

Kamis 12 May 2022 15:41 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah

Para pemain timnas Ukraina usai menghadapi Borussia Moenchengladbach pada laga amal di Borussia Park, Moenchengladbach, Jerman, Rabu (11/5/2022).

Para pemain timnas Ukraina usai menghadapi Borussia Moenchengladbach pada laga amal di Borussia Park, Moenchengladbach, Jerman, Rabu (11/5/2022).

Foto: Federico Gambarini/dpa via AP
Timnas Ukraina mengalahkan Borussia Moenchengladbach dengan skor 2-1 pada laga amal.

REPUBLIKA.CO.ID, MOENCHENGLADBACH -- Ukraina kembali ke lapangan hijau untuk pertama kalinya sejak invasi oleh Rusia pada Rabu (11/5/2022). Ukraina berhasil mengalahkan klub Jerman, Borussia Moenchengladbach dengan skor 2-1 di Borussia Park, Moenchengladbach, dalam sebuah laga amal. 

Pertandingan persahabatan itu menjadi kesempatan bagi Ukraina untuk kembali ke penampilan terbaiknya jelang playoff kualifikasi Piala Dunia. Ukraina akan bertemu dengan Skotlandia pada Juni mendatang. 

Baca Juga

Wali Kota Kyiv Wladimir Klitschko berterima kasih atas laga amal tersebut. Dia pun mengapresiasi penggemar klub Moenchengladbach yang juga mendukung timnas Ukraina. 

"Kami berterima kasih atas bantuan Anda semua, keduanya (tim dan penggemar) bermain untuk kami," kata Klitschko.

Skuad yang disiapkan merupakan pemain perwakilan dari klub-klub Ukraina. Liga Ukraina dibekukan pada 24 Februari lalu ketika pasukan Rusia menyerbu Ukraina. 

Pemerintah Ukraina melarang pria berusia produktif untuk meninggalkan negara itu selama perang. Sehingga pemain memerlukan izin khusus untuk bepergian. 

Beberapa klub seperti Dynamo Kyiv dan Shakhtar Donetsk telah melakukan tur Eropa. Pelatih timnas Ukraina Oleksandr Petrakov mengatakan hatinya terenyuh ketika lagu kebangsaan Ukraina dinyanyikan sebelum pertandingan

"Saya meneteskan air mata. Terima kasih kepada Ukraina yang datang dan mendukung kami dan terima kasih kepada Jerman," kata Petrakov. 

Petrakov mengatakan, dia telah menghabiskan tahap awal perang di apartemennya di ibukota, Kyiv. Pada saat itu, pasukan Rusia menutup kota.

"Anda duduk di apartemen dan anda tidak tahu di mana proyektil akan mendarat. Saya tidak ingin ada orang yang mengalami itu," kata Petrakov.

Sebanyak 20 ribu penonton pada pertandingan itu didominasi oleh orang Ukraina. Mereka mendapatkan tiket gratis dan bersuka cita sepanjang pertandingan. Termasuk ketika Mykhailo Mudryk mencetak gol pada menit sembilan. 

Gladbach merespons lima menit kemudian dengan tembakan kuat dari pemain asal Irlandia, Conor Noss untuk menyamakan skor. Mudryk memiliki peluang bagus lagi di pertengahan babak kedua tetapi masih bisa diantisipasi oleh kiper.

Pemain pengganti Oleksandr Pikhalonok memberi Ukraina kemenangan pada menit ke-82 dengan gol dari tembakan mendatar dari luar kotak. Kedua pencetak gol Ukraina mewakili tim nasional untuk pertama kalinya.

Ukraina tidak bermain sejak mengalahkan tim Bosnia, Herzegovina 2-0 pada 16 November. FIFA harus menjadwal ulang pertandingan Ukraina karena perang. 

Petrakov mengatakan dia senang dengan penampilan timnya setelah sekian lama tidak bermain, tetapi mengaku masih perlu memperbaiki kesalahan mereka. Jika Ukraina mengalahkan Skotlandia dalam playoff di Glasgow pada 1 Juni, maka Ukraina akan menghadapi Wales empat hari kemudian di Cardiff untuk memperebutkan satu tempat di Piala Dunia tahun ini di Qatar.

Pemain papan atas Ukraina, termasuk bek kiri Manchester City Oleksandr Zinchenko, penyerang West Ham Andriy Yarmolenko dan striker Benfica Roman Yaremchuk, diperkirakan akan bergabung dengan skuad tepat waktu untuk babak playoff kualifikasi Piala Dunia setelah kompetisi klub mereka selesai. Sebelum itu, tim nasional akan memainkan pertandingan persahabatan melawan klub Italia Empoli dan klub Kroasia Rijeka, pekan depan, kata Asosiasi Sepak Bola Ukraina.

sumber : AP
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA