Kamis 12 May 2022 15:16 WIB

Penjualan Susu Sapi Perah Kota Batu tak Terpengaruh Wabah PMK

Hampir 98 persen warga di Dusun Brau Kota Batu berprofesi sebagai peternak sapi.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Nur Aini
Peternak menuang susu ke dalam wadah di peternakan sapi perah, ilustrasi. Penjualan susu sapi perah di Kota Batu tidak terpengaruh munculnya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Peternak menuang susu ke dalam wadah di peternakan sapi perah, ilustrasi. Penjualan susu sapi perah di Kota Batu tidak terpengaruh munculnya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)

REPUBLIKA.CO.ID, BATU -- Penjualan susu sapi perah di Kota Batu tidak terpengaruh munculnya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak yang terus menyebar ke sejumlah daerah di Indonesia. 

Ketua Kelompok Tani Margomulyo, Muhammad Munir mengatakan, penjualan susu dari sapi perah di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu masih aman.

Baca Juga

"Kalau daging, kita belum lihat ke sana," kata Munir yang juga peternak sapi ini kepada Republika.co.id, Kamis (12/5/2022).

Namun, Munir meyakini virus yang menyebabkan PMK tidak membahayakan manusia. PMK tidak bisa menjangkiti manusia karena bukan penyakit zoonosis. Sebab itu, tidak akan terjadi masalah apabila mengonsumsi susu ataupun daging sapi selama diolah dengan benar.

Dusun Brau sendiri tercatat memiliki 500 sampai 600 sapi perah. Untuk jumlah sapi potong di Dusun Brau hampir tidak ada. Hal itu karena wilayahnya lebih fokus beternak sapi perah. 

Menurut Munir, hampir 98 persen warga di Dusun Brau berprofesi sebagai peternak sapi. Hal itu berarti berternak menjadi mata pencaharian pokok bagi warga Dusun Brau. Perekonomian utamanya dari sapi perah dengan produksi susu setiap hari.

Adapun mengenai kasus PMK di dusunnya, Munir mengungkapkan, sejauh ini belum menerima laporan. Namun dia berharap virus yang menyebabkan PMK pada hewan ternak tersebut tidak tiba di daerahnya. Pihaknya hanya bisa berusaha dan berdoa agar dusunnya terhindar dari wabah tersebut.

Hal yang pasti, pihaknya hanya mampu mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. Para peternak setidaknya harus dapat menjaga sanitasi ternak, kandang dan peralatan perahnya. Kedua, Munir mengimbau warganya untuk tidak mendatangkan sapi dari luar wilayah guna mencegah penularan. 

Imbauan waspada juga ditunjukkan kepada para peternak agar berhati-hati saat berinteraksi dengan orang-orang dari luar dusun. "Karena dikhawatirkan baik orang ataupun ternaknya ini jadi media penularan PMK," ujarnya.

Di samping itu, Munir juga berencana untuk meminta bantuan kepada dinas terkait di Kota Batu. Hal ini terutama untuk memohon bantuan penyemprotan disinfektan di semua kandang. Lalu pemberian vitamin dan antibiotik agar imunitas ternak bisa stabil dan terhindar dari wabah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement