Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

6 Minuman Ini Jangan Dikonsumsi Saat Cuaca Panas, Bisa Picu Dehidrasi

Jumat 13 May 2022 05:10 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Tidak semua minuman dingin baik dikonsumsi saat cuaca panas.

Tidak semua minuman dingin baik dikonsumsi saat cuaca panas.

Foto: www.pxhere.com
Tidak semua minuman dingin baik dikonsumsi saat cuaca panas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat cuaca panas, minuman seperti es teh dan es kopi mungkin menjadi salah satu yang paling banyak dicari. Namun meski terasa menyegarkan, minuman tersebut ternyata bisa membuat tubuh dehidrasi karena kombinasi kafein dan gula.

Bahkan jika Anda tinggal di dalam ruangan, minuman populer tertentu bisa menyerap air langsung dari tubuh. Dilansir dari EatThis, Kamis (12/5/2022), berikut enam minuman terburuk yang bisa membuat tubuh dehidrasi.

Baca Juga

 

1. Alkohol

Minuman beralkohol seperti bir, wine, dan lainnya telah digolongkan sebagai beberapa minuman yang paling bisa membuat dehidrasi. Ahli diet Natalie Clair menjelaskan, alkohol bersifat diuretic yang menyebabkan tubuh mengeluarkan cairan dari darah jauh lebih cepat daripada cairan lain. Itulah mengapa alkohol mengganggu mekanisme yang mengatur air dalam tubuh.

"Secara umum, segelas minuman beralkohol akan membuat tubuh Anda mengeluarkan 120 mililiter urin tambahan selain urin normal Anda. Misalnya, ketika Anda minum 200 mililiter air, tubuh Anda akan mengeluarkan 200 mililiter urin. Namun, ketika Anda mengonsumsi 200 mililiter bir, tubuh Anda akan mengeluarkan 320 mililiter urin,” jelas Clair.

 

2. Soda

Ketika cuaca panas, minuman soda dingin memang terasa menggoda. Sayangnya, minuman bersoda hanya akan membuat Anda merasa lebih haus dari biasanya. Menurut Clair, soda bisa meningkatkan kadar gula darah. Ketika gula darah atau glukosa darah naik, tubuh akan mengambil air dari sel-sel kita dalam upaya untuk mengembalikan kadar glukosa darah normal. Ketika sel-sel kehilangan air, otak mendapat sinyal bahwa tubuh membutuhkan lebih banyak air, menyebabkan rasa haus yang meningkat.

“Gula meningkatkan kebutuhan air tubuh untuk metabolisme gula. Meskipun minuman ini mungkin terasa menyegarkan, ingatlah bahwa soda dapat menyebabkan dehidrasi,” kata Clair.

 

3. Jus

Selain soda, gula dalam jus juga bisa menyebabkan efek dehidrasi pada tubuh. Tak hanya itu, menurut ahli diet Mariam Eid, jus berbahan dasar buah pun bisa membuat dehidrasi.

“Beberapa orang mungkin terkejut mengetahui efek dehidrasi dari jus buah. Meskipun jus buah mungkin menghidrasi dalam jumlah yang lebih sedikit, konsumsi jus buah yang berlebihan dapat membuat tubuh stres. Ketika buah-buahan diproses menjadi jus buah, sebagian besar nutrisinya adalah dilucuti dan gulanya tetap ada,” jelas Eid.

 

4. Kopi

Ahli diet Trista Best mengatakan, kopi dan kafein dianggap sebagai penyebab dehidrasi. Karenanya, siapa pun yang mempertimbangkan untuk mengurangi asupan kopi atau kafein harus terlebih dahulu mengevaluasi jumlah air yang dikonsumsi. Keseimbangan yang aman dan sehat dapat dicapai di antara kedua minuman tersebut.

“Sebagai aturan praktis untuk mencegah dehidrasi, Anda harus minum segelas air dengan setiap cangkir kopi atau minuman berkafein,” kata Best.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA