Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Ungguli LeBron James dan Ronaldo, Messi Atlet dengan Bayaran Termahal 2022

Kamis 12 May 2022 11:25 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pemain PSG Lionel Messi, kiri, berduel memperebutkan bola dengan pemain Marseille Pape Gueye, tengah, dan pemain Marseille Boubacar Kamara selama pertandingan sepak bola League One antara Paris Saint Germain dan Marseille, di stadion Parc des Princes, di Paris, Prancis, Ahad, 17 April , 2022.

Pemain PSG Lionel Messi, kiri, berduel memperebutkan bola dengan pemain Marseille Pape Gueye, tengah, dan pemain Marseille Boubacar Kamara selama pertandingan sepak bola League One antara Paris Saint Germain dan Marseille, di stadion Parc des Princes, di Paris, Prancis, Ahad, 17 April , 2022.

Foto: AP Photo/Francois Mori
Para atlet ini menghasilkan triliunan rupiah dalam satu tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW JERSEY -- Bintang Paris Saint Germain (PSG), Lionel Messi, berada dalam urutan teratas dalam daftar atlet dengan bayaran tertinggi pada 2022 keluaran Forbes. Pendapatan Messi mengungguli bintang basket asal Amerika Serikat, LeBron James, dan rivalnya di pentas sepak bola, Cristiano Ronaldo.

Dalam daftar yang dilansir Forbes tersebut, pesepak bola asal Argentina itu dilaporkan mendapatkan penghasilan total mencapai 130 juta dolar as (1,8 triliun rupiah) dalam periode satu tahun terakhir atau hingga 1 Mei 2022. Angka ini termasuk dengan nilai sponsor, yang mencapai 55 juta dolar as (800 miliar rupiah). ''Lionel Messi merupakan atlet dengan bayaran termahal pada sepanjang tahun lalu. Messi berada di urutan teratas setelah menempati urutan kedua di dalam daftar itu pada tahun lalu, di bawah atlet Mixed Martial Arts (MMA), Conor McGregor,'' tulis laporan Reuters, Kamis (12/5/2022). 

Baca Juga

Posisi kedua dalam daftar teranyar lansiran Forbes itu ditempati oleh LeBron James. Bintang LA Lakers itu itu diketahui mendapatkan penghasilan total sebesar 121,8 juta dolar as (1,7 triliun rupiah). Atlet basket berusia 37 tahun itu mendapatkan gaji dan sejumlah bonus penampilan sebesar 41,2 juta dolar as (596 miliar rupiah) ditambah berbagai sponsor di luar lapangan, yang mencapai 80 juta dolar as (1,1 triliun rupiah). 

Bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo, berada di urutan ketiga dengan total pendapatan mencapai 115 juta dolar as (1,6 triliun rupiah) pada sepanjang tahun lalu, dengan penghasilan 60 juta dolar AS (872 miliar rupiah) di atas lapangan ditambah dengan pendapatan sebesar 55 juta dolar as (800 miliar rupiah) dari sponsorship. 

Posisi keempat dan kelima dalam daftar itu ditempati secara berurutan oleh rekan setim Messi di PSG, Neymar, dan guard Golden State Warriors, Stephen Curry. Neymar mencatatkan pendapatkan sebesar 95 juta dolar as (1,38 triliun rupiah), sedangkan Curry membawa pulang uang sebesar 92.8 juta dolar as (1,34 triliun rupiah), hasil dari gaji dan berbagai kesepakatan sponsorhip. 

''Penghasilan dari dalam lapangan, termasuk gaji, bonus penampilan, dan hadiah meraih titel juara dalam 12 tahun terakhir. Sedangkan penghasilan dari luar lapangan berupa kesepakatan dengan sponsor tertentu, bayaran penampilan, hingga lisensi penggunaan citra,'' lanjut laporan Reuters tersebut. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA