Kamis 12 May 2022 11:48 WIB

Berapa Banyak Tambahan Vitamin C yang Harus Dikonsumsi Tubuh?

Tambahan vitamin C tergantung dari kelebihan berat badan seseorang.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Vitamin dan mineral berperan membantu respons imunitas tubuh yang bisa kacau akibat infeksi virus penyebab Covid-19 (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Vitamin dan mineral berperan membantu respons imunitas tubuh yang bisa kacau akibat infeksi virus penyebab Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vitamin C dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Cara termudah meningkatkan asupan vitamin C harian adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan kaya vitamin C seperti buah-buahan dan sayuran atau dengan mengonsumsi suplemen vitamin C.

Dilansir dari indiatvnews pada Kamis (12/5/2022), selama pandemi, anjuran untuk konsumsi vitamin C meningkat. Vitamin C dikenal sebagai nutrisi pendukung kekebalan yang penting dan vital dalam membantu tubuh melindungi diri dari penyakit virus yang parah. Tapi berapa jumlah yang tepat yang dibutuhkan tubuh?.

Baca Juga

Penelitian di New University of Otago, Christchurch di Selandia Baru telah mengidentifikasi, untuk pertama kalinya, secara tepat berapa banyak tambahan vitamin C yang dibutuhkan manusia, relatif terhadap berat badan mereka untuk memaksimalkan kesehatan kekebalan mereka.

Vitamin C dikenal penting untuk fungsi kekebalan tubuh yang baik dan bekerja dengan membantu sel darah putih melawan infeksi. Studi yang diterbitkan dalam jurnal internasional nutrients, menemukan bahwa untuk setiap 10 kg kelebihan berat badan yang dimiliki seseorang, tubuh mereka membutuhkan tambahan 10 miligram vitamin C setiap hari yang akan membantu mengoptimalkan kesehatan kekebalan mereka.

"Penelitian sebelumnya telah menghubungkan berat badan yang lebih tinggi dengan kadar vitamin C yang lebih rendah. Tapi ini adalah studi pertama yang memperkirakan berapa banyak vitamin C harian ekstra yang sebenarnya dibutuhkan orang, relatif terhadap berat badan mereka, untuk membantu memaksimalkan kesehatan mereka," kata Penulis Utama Associate Professor Anitra Carr dari Departemen Patologi dan Ilmu Biomedis Universitas.

Ia menyarankan, temuan itu berpotensi membantu orang yang lebih berat melindungi diri mereka dari penyakit seperti itu karena obesitas merupakan faktor risiko yang diketahui untuk Covid.  Orang gemuk juga dapat meningkatkan risiko penyakit parah akibat infeksi.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan, meningkatkan asupan vitamin C Anda jika kelebihan berat badan mungkin merupakan respons yang masuk akal. Komplikasi utama lain dari Covid-19 adalah pneumonia.  Pasien dengan pneumonia diketahui rendah vitamin C.

Beberapa penelitian telah menunjukkan, vitamin C mengurangi kemungkinan orang terkena pneumonia dan mengurangi tingkat keparahannya. "Jadi, menemukan kadar vitamin C yang tepat untuk dikonsumsi jika Anda kelebihan berat badan dapat membantu mendukung sistem kekebalan Anda dengan lebih baik", kata dia.

Studi tersebut menetapkan, seseorang dengan berat 90 kg perlu mengkonsumsi tambahan 30 miligram vitamin C untuk mencapai tujuan optimal 140mg per hari. Sementara seseorang dengan berat badan 120 kg akan membutuhkan setidaknya 40 miligram tambahan vitamin C setiap hari untuk mencapai 150mg per hari yang optimal.

Cara termudah meningkatkan asupan vitamin C harian adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan kaya vitamin C seperti buah-buahan dan sayuran atau dengan mengonsumsi suplemen vitamin C.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement