Kamis 12 May 2022 20:19 WIB

7 Artis yang Dituduh Lecehkan Agama Islam

7 Artis yang Dituduh Lecehkan Agama Islam

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Putri Anne
Putri Anne

VIVA – Isu agama adalah salah satu ranah yang paling sensitif jika dibahas dan bahkan bisa melebar sampai pelecehan. Tak ayal, jika banyak orang yang lebih berhati-hati bila membahas sesuatu yang berkaitan dengan agama tertentu. Tapi, tidak sedikit figur publik di Tanah Air yang berulah mengaitkan soal agama. 

Beberapa artis tersebut sampai dituduh lecehkan agama Islam karena ulahnya. Bahkan, tidak jarang dari mereka yang dipidanakan karena pernyataannya yang kontroversi. Mereka juga langsung menjadi perbincangan hangat di media sosial. Nah, menyadur dari berbagai sumber berikut adalah ulasan tentang artis yang lecehkan agama Islam

1. Nikita Mirzani

 

Nama artis kontroversial ini tentu saja sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Bahkan, ia sudah beberapa kali dituduh lecehkan agama Islam melalui berbagai aksinya yang menghebohkan. Bukan terkait dengan bacaan niat sholat yang disebut sudah dipermainkan, tapi Nikita pernah dituduh lecehkan agama Islam ketika berseteru dengan Habib Rizieq. 

 

Niki pernah dikecam oleh warganet lantaran ucapannya yang mengatakan bahwa Habib Rizieq Shihab adalah tukang obat. Karena kasus tersebut, nama Nikita Mirzani langsung menjadi perbincangan hangat di Twitter dan dinilai sudah melecehkan agama Islam dengan menyinggung Habib Rizieq Shihab. 

2. Katy Perry

 

Beberapa tahun yang lalu, Katy Perry merilis video klip untuk lagunya yang berjudul Dark Horse dengan konsep unik. Tapi, video klip tersebut berbuntut masalah untuk penyanyi asal Amerika tersebut. Ia harus menghadapi berbagai gelombang protes dari umat Islam yang mengatakan bahwa video klip ini telah lecehkan agama Islam dan Allah. 

Protes tersebut disalurkan melalui sebuah petisi yang ada di situs Change.org yang meminta video klip lagu Dark Horse ini supaya dihapus dari Youtube. Puluhan ribu orang tercatat sudah menandatangani petisi online tersebut. Namun, sampai saat ini Katy Perry belum memberikan penjelasan terkait dengan video itu. 

3. Ernest Prakasa

 

Aktor sekaligus sutradara, Ernest Prakasa, juga pernah terlibat dalam kasus lecehkan agama Islam. Ia pernah dikecam karena pernyataan kontroversi tentang seorang tokoh agama Islam terkenal yang bernama Zakir Naik. Saat itu, ramai diperbincangkan bahwa Zakir Naik akan datang ke Indonesia untuk bertemu dengan Jusuf Kalla. 

Ernest lantas menulis di Twitter, "JK dengan hangat menjamu Zakir Naik, orang uang terang-terangan mendanai ISIS. Sulit dipahami." Cuitan ini berujung pada pemboikotan produk yang menggunakan dirinya sebagai model iklan. Setelah itu, akhirnya Enrent meminta maaf dan menghapus cuitan tersebut. 

4. Joshua Suherman

 

Mantan artis cilik, Joshua Suherman, adalah salah seorang selebriti Tanah Air yang pernah dituduh lecehkan agama Islam. Video yang pernah diunggah ke dalam kanal YouTube Majelis Lucu Indonesia memperlihatkan Joshua yang tengah melaksanakan roasting kepada Cheryl, salah seorang mantan anggota Cherrybelle. 

Dalam roasting tersebut, Joshua mengatakan bahwa, “Gue mikir kenapa Annisa selalu unggul dari pada Cherly. Ah, sekarang gue ketemu jawabannya. Makanya Che, Islam. Karena di Indonesia ini ada satu hal yang dengan sebesar apa pun mayoritas." Karena itu, ia langsung dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh Umat Islam Bersatu. 

5. Andre Taulany

 

Berikutnya adalah Andre Taulany yang juga dituduh sudah lecehkan agama Islam. Komedian kondang ini pernah melontarkan ucapan di salah satu acara televisi yang dinilai sudah menistakan agama. Dalam guyonan tersebut, ia mengatakan, “Nabi Muhammad itu badan apa kebon?”

Akibatnya, Andre Taulany langsung dipolisikan oleh PA 212. Selain itu, mantan vokalis band Stinky ini juga pernah membuat candaan yang menyebut nama Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Adi Hidayat. Pernyataan tersebut juga viral di media sosial sampai memancing amarah warganet. 

6. Ge Pamungkas

 

Ge Pamungkas yang merupakan seorang komika jebolan ajang pencarian bakat ini adalah salah seorang artis yang juga dituding lecehkan agama Islam. Ketika itu, viral unggahan video saat Ge tampil membawakan materi tentang banjir di Jakarta. Ia bertanya, "Sesungguhnya Allah memberikan cobaan kepada yang Dia cintai. Cintai apaan?".

Karena itu, Ge Pamungkas akhirnya membuat klarifikasi bahwa dirinya tidak ada maksud untuk menistakan agama Islam dan Allah SWT. 

7. Putri Anne

 

Putri Anne disebut-sebut sudah mempermainkan dan lecehkan agama Islam dengan bacaan Syahadat. Tuduhan ini berawal dari unggahan Instagram Stories milik Anne yang diunggah kembali oleh akun @yollaalghsani1702. Dalam video itu, tampak Anne yang bergurau dengan teman-temannya tentang Syahadat. 

Anne meminta temannya yang non muslim untuk membacakan Syahadat. Ia kemudian tertawa terbahak-bahak mendengar jawaban temannya itu. Begitu pula dengan teman-teman yang lain. Unggahan tersebut langsung membuat warganet marah. Tampaknya Anne sadar dengan kesalahan tersebut dan langsung menghapusnya. 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement