Kamis 12 May 2022 01:26 WIB

Planet Ini Memiliki Cincin, Ukurannya 200 Kali Lebih Besar Dibanding Saturnus

Cincin berdebu yang mengelilingi J1407 menghalangi 95 persen cahaya yang dipancarkan.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi cincin saturnus.
Foto: nasa
Ilustrasi cincin saturnus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa tahun lalu, para astronom dari Observatorium Leiden di Belanda menemukan sistem cincin masif dengan bintang dan planet di dalamnya. Astronom Eric Mamajek dan Matthew Kenworthy menemukan planet unik yang mereka sebut sebagai super Saturnus pada 2012.

Sebelumnya, para astronom tidak pernah mendeteksi sistem cincin di luar tata surya kita. Mamajek dan Kenworthy mempelajari planet ekstrasurya. Mereka mempelajari planet atau bintang baru dengan memantaunya dalam jangka waktu yang lama. 

Baca Juga

Temuan ini berawal dari pengamatan bintang J1407. Para astronom mengamati tampilan cahaya yang tidak biasa dan aktif yang berlangsung selama dua bulan.

Data tentang bintang itu dikumpulkan antara tahun 2005 hingga 2008. Di pertengahan tahun 2007 kurva cahaya menjadi aneh. Ilmuwan menemukan bintang ini mulai berkedip dan berkelap-kelip.

Astronom menemukan bintang yang berkilauan pada tahun 2007 yang menunjukkan bahwa ada sesuatu berputar di sekitar bintang. Bintang ini dikelilingi planet J1407b. 

Tim menyimpulkan penjelasan yang masuk akal adalah adanya piringan besar cincinyang telah bergerak antara planet J1407b dan bintang J1407, menghalangi cahaya bintang.

Cincin dimulai pada jarak sekitar 30 juta kilometer dari planet dan membentang hingga jarak 90 juta kilometer. Cincin ini mungkin terbuat dari debu, karena planet J1407b terlalu panas. Suhunya sekitar 1.000 hingga 2.000 derajat Celcius sehingga kecil kemungkinan cincin terbuat dari es seperti yang mengorbit Saturnus.

Profesor Kenworthy mengatakan planet itu mungkin sekitar 10 sampai 40 kali massa Jupiter.

Publikasi tahun 2015 yang diterbitkan dalam The Astrophysical Journal, Matthew A. Kenworthy dan Eric E. Mamajek menyajikan detail baru tentang planet ekstrasurya dan cincinnya. Mereka menemukan bahwa satu revolusi planet mengelilingi bintangnya membutuhkan waktu sekitar satu dekade.

Sistem cincin yang mengelilingi J1407 mengaburkan bintang terang di tengah. J1407 menghasilkan panas dan cahaya dengan cara yang sama seperti yang dilakukan matahari untuk dunia kita. Namun, cincin berdebu yang mengelilingi J1407 menghalangi hampir 95 persen cahaya yang dipancarkannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement