Rabu 11 May 2022 20:04 WIB

Dukungan Terus Mengalir, Erick Thohir Dinilai Berpotensi Kelimpahan Suara PKB

Keharmonisan hubungan Erick Thohir dengan NU memberi dampak elektoral.

Nama Erick Thohir makin menguat sebagai kandidat capres termasuk dukungan dari GP Ansor.
Foto: Istimewa
Nama Erick Thohir makin menguat sebagai kandidat capres termasuk dukungan dari GP Ansor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kedekatan Erick Thohir dengan tokoh dan masyarakat Nahdlatul Ulama (NU) belakangan ini terjalin sangat baik. Bahkan, orang nomor satu di BUMN itu mendapat gelar anggota kehormatan Banser, yang merupakan otonom kepemudaan milik NU.

Pengamat Politik Universitas Paramadina, Akhmad Khoirul Umam menilai keharmonisan hubungan Erick Thohir dengan NU memberi dampak elektoral. Menurutnya, hal tersebut membuat suara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terdistribusi ke Erick Thohir.

“Dalam konteks ini apakah kemudian manuver yang dilakukan oleh Pak Erick Thohir di NU dan juga di PKB menggerus misalnya suara dukungan untuk Cak Imin itu. To same ekstend iya,” ujar Umam.

Umam mengatakan peluang untuk Erick Thohir mendapat dukungan dari PKB terbuka sangat lebar. Apalagi menurutnya NU adalah rumah besar dan bukan satu entitas tunggal.

 

Dukungan untuk Erick Thohir dari NU emakin mengalir deras. Terhangat, Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Yaqut Cholil Qouma (Gus Yaqut), memberikan sinyal dukungan Erick Thohir untuk maju pada Pilpres 2024.

 

"Wasilahnya macam-macam dan perantaranya macam-macam. Salah satu perantaranya adalah bagaimana kita mampu mendudukkan kader terbaik kita menjadi pemimpin negeri yang kita cintai ini. Erick Thohir merupakan kader Ansor terbaik dan Ansor siap untuk mendukung Erick Thohir mencapai tujuannya," kata Gus Yaqut, dalam Tasyakuran Harlah ke-88 GP Ansor.

Lebih lanjut, Gus Yaqut yang juga Menteri Agama Republik Indonesia, mengatakan Erick Thohir merupakan salah satu kader terbaik Ansor, dan tengah didorong oleh banyak pihak untuk maju di Pilpres 2024. Selaku pimpinan, Gus Yaqut menyatakan siap mendorong Ansor untuk mendukung Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini mencapai puncak pengabdian sebagai Presiden.

“Hari ini kita bangga, salah satu kader terbaik kita, sekaligus salah satu menteri terbaik yang pernah dimiliki Indonesia, sahabat ET (Erick Thohir) sedang meniti perjuangan menuju puncak pengabdiannya. Kita semua berkewajiban dan saya siap memberikan komando, sampai tujuan,” pungkas Gus Yaqut.

Tidak berhenti di situ, tokoh-tokoh PKB pun saat ini makin mesra dengan Erick Thohir. Dukungan tersebut tentu akan menguatkan suara Erick Thohir baik untuk massa NU dan juga PKB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement