Rabu 11 May 2022 16:05 WIB

Pemkab Banyumas Harap Tol Pejagan-Cilacap Bisa Terealisasi

Pemkab Banyumas berharap Tol Pejagan-Cilacap bisa direalisasikan.

Ilustrasi pembangunan jalan tol. Pemkab Banyumas berharap Tol Pejagan-Cilacap bisa direalisasikan.
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi pembangunan jalan tol. Pemkab Banyumas berharap Tol Pejagan-Cilacap bisa direalisasikan.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengharapkan rencana pembangunan Jalan Tol Pejagan-Cilacap dapat terealisasi, sehingga dapat mendongkrak perekonomian di wilayah itu.

"Rencana pembangunan Tol Pejagan-Cilacap sebetulnya pada tahun 2019 sudah masuk proyek strategis nasional, namun ternyata anggarannya pada tahun 2020 di-'refocusing' karena ada pandemi Covid-19," kata Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (11/5/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan hal itu saat memberi sambutan dalam kegiatan Peringatan Hari Buruh Internasional Tingkat Kabupaten Banyumas dengan tema "Ketupat May Day Tahun 2022 - Meraih Kemenangan dengan Mengutamakan Silaturahmi Menuju 'Industrial Peace'" yang digelar di Hotel Java Heritage, Purwokerto.

Bahkan, kata dia, lahan yang akan dilalui Tol Pejagan-Cilacap saat itu sudah dipatok-patok namun anggaran untuk pembebasan lahannya terkena refocusing. "Padahal dengan adanya Tol Pejagan-Cilacap akan mendukung kawasan industri di daerah Wangon dan Lumbir. Kami tetap berupaya agar (Tol Pejagan-Cilacap) tetap dianggarkan dari pusat," katanya.

Saat ditemui usai acara, Sadewo mengatakan saat dilantik sebagai Wakil Bupati Banyumas pada tahun 2018, selang satu tahun kemudian rencana pembangunan Tol Pejagan-Cilacap masuk menjadi proyek strategis nasional pada tahun 2019.

Menurut dia, rancang bangun rinci (Detail Engineering Design/DED) Tol Pejagan-Cilacap maupu trase jalannya juga sudah ada pada tahun 2020. "Hitungannya pada 2020 itu sudah pembebasan lahan, namun ternyata 'refocusing'. Kemudian pada 2021, saya kejar lagi, saya minta ke Pak Gubernur kemudian lewat Bappeda Provinsi Jawa Tengah mengusulkan lagi ke pusat tetapi sampai sekarang belum masuk proyek strategis nasional lagi," katanya.

Ia mengharapkan Tol Pejagan-Cilacap dapat terealisasi karena betul-betul akan mendongkrak perekonomian di Kabupaten Banyumas. "Oleh karena itu, kami akan mengejar terus agar Tol Pejagan-Cilacap dapat terealisasi," kata Wabup menegaskan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement