Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Anies Baswedan dan Erick Thohir Cocok Berpasangan di Pilpres 2024

Rabu 11 May 2022 15:43 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Bilal Ramadhan

Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Pengamat menilai Anies Baswedan dan Erick Thohir cocok berpasangan di Pilpres 2024.

Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Pengamat menilai Anies Baswedan dan Erick Thohir cocok berpasangan di Pilpres 2024.

Foto: istimewa
Pengamat menilai Anies Baswedan dan Erick Thohir cocok berpasangan di Pilpres 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin mengatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri BUMN Erick Thohir bisa saja berpasangan di Pilpres 2024. Sebab, keduanya melengkapi satu sama lain.

"Mungkin-mungkin saja Anies dengan Erick. Anies punya elektabilitas dan Erick punya modal kekuatan finansial. Partai yang bisa mengusung bisa saja Nasdem, PKS dan PAN atau juga yang lainnya," kata Ujang saat dihubungi Republika, Rabu (11/5/2022).

Baca Juga

Kemudian, ia melanjutkan dari tiga partai tersebut mesti berkoalisi hingga dapat 20 persen. Kalau hanya cocok atau didukung satu partai tidak akan memenuhi Presidensial Threshold (PT).

Ia menambahkan jika ada tiga poros, pesaingnya mungkin poros Prabowo dengan pasangannya dan Ganjar dengan pasangannya. Sehingga Anies dan Erick harus menyiapkan strategi untuk menaklukan masyarakat.

"Untuk strategi mereka (Anies dan Erick) saya tidak tahu. Mungkin saja sudah jalan strateginya. Termasuk strategi untuk dapatkan dukungan partai politik," ujar dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA