Rabu 11 May 2022 14:55 WIB

Nyiyir-nya Legenda Liverpool Sebut Kehadiran Haaland tak Jamin Kesuksesan City Musim Depan

Ia yakin Haaland tidak akan mendongkrak performa The Citizens secara signifikan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Phil Foden (Kanan) dari Manchester City dan Erling Haaland dari Dortmund mengobrol setelah perempatfinal Liga Champions UEFA, pertandingan sepak bola leg pertama antara Manchester City dan Borussia Dortmund di Manchester, Inggris, beberapa waktu lalu.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Phil Foden (Kanan) dari Manchester City dan Erling Haaland dari Dortmund mengobrol setelah perempatfinal Liga Champions UEFA, pertandingan sepak bola leg pertama antara Manchester City dan Borussia Dortmund di Manchester, Inggris, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan kapten Liverpool, Jamie Carragher, menilai, perekrutan Erling Haaland tidak hanya memiliki dampat buat Manchester City, tapi juga terhadap Liga Primer Inggris. Itu karema, Haaland merupakan salah satu pemain yang digadang-gadang bakal menjadi pemain bintang paling berpengaruh pada masa mendatang. 

Selain Haaland, Kylian Mbappe juga menyandang status tersebut. Bahkan, dua pemain itu kerap disebut-sebut bakal menggantikan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam urusan pengaruh dan persaingan di level tertinggi. Kehadiran Haaland di Liga Primer Inggris itu akan mendongkrak pamor kompetisi kasta tertinggi sepak bola Inggris tersebut. 

Baca Juga

''Kini, salah satu dari dua pemain itu memilih merumput di Liga Primer Inggris. Biasanya, para pemain bintang mudah memilih memperkuat Real Madrid dan Barcelona. Namun, Anda bisa rasakan, Liga Primer Inggris ini menjadi liga terkuat di dunia saat ini, ditambah dengan kehadiran Haaland,'' kata Carragher seperti dilansir Sky Sports, Rabu (11/4/2022).

Penyerang berusia 21 tahun itu, ujar Carragher, tentu bisa mencetak gol seperti yang diharapkan The Citizens. Namun, Carragher menilai, keberadaan Haaland di skuad The Citizens pada musim depan tidak serta merta menjamin kesuksesan The Citizens. 

Tidak hanya soal kemampuan adaptasi penyerang asal Norwegia tersebut, City juga di sisi lain harus menemukan formula dan sistem permainan yang tepat untuk bisa memaksimalkan kemampuan Haaland dalam mencetak gol. 

''Bukan berarti kehadiran Haaland menjadi jaminan kesuksesan City pada musim depan. Mereka masih harus mengintegrasikannya dalam tim. Masih banyak pertanyaan yang muncul, termasuk bagaimana Haaland bisa cocok dalam skema permainan The Citizens,'' ujar pundit Sky Sports tersebut. 

Tidak hanya itu, eks bek timnas Inggris itu juga menilai, Haaland tidak akan mendongkrak performa The Citizens secara signifikan. Tanpa kehadiran penyerang yang mencetak 85 gol dari 88 penampilan bersama Borussia Dortmund itu, City terbukti sudah mampu bersaing di level teratas. 

Di kancah domestik, City berhasil meraih tiga trofi Liga Primer Inggris dalam empat musim terakhir. Bahkan, The Citizens tinggal membutuhkan kemenangan di tiga laga pamungkas untuk bisa mempertahankan titel Liga Primer Inggris pada musim ini. Secara khusus, Carragher menyebut, kehadiran Haaland dibutuhkan City dalam momen-momen tertentu. 

''Anda dapat berpikir saat laga City disingkirkan Real Madrid di babak semifinal Liga Champions. Jika Haaland sudah ada di City, mungkin ceritanya sedikit berbeda. Di aspek inilah, kehadiran Haaland diperlukan. Dia bisa menjadi pembeda di momen-momen tertentu dalam perjalanan City,'' kata Carragher.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement