Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Dortmund Rekrut Karim Adeyemi Sebagai Pengganti Haaland

Rabu 11 May 2022 14:48 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

Karim Adeyemi, pemain baru Borussia Dortmund.

Karim Adeyemi, pemain baru Borussia Dortmund.

Foto: EPA-EFE/Philipp Guelland
Adeyemi yang berusia 20 tahun telah menandatangani kontrak lima tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Borussia Dortmund bergerak cepat untuk mengumumkan penandatanganan pemain depan Jerman Karim Adeyemi dari juara Austria RB Salzburg pada Selasa (10/5/2022) waktu setempat, menyusul kepindahan Erling Haaland yang akan pindah ke Manchester City. City dan Dortmund mengkonfirmasi pada Selasa sore bahwa kesepakatan prinsip telah dicapai antara kedua klub untuk transfer Haaland, dengan nilai 51,25 juta poundsterling.

Segera setelah itu, Dortmund mengatakan Adeyemi yang berusia 20 tahun telah menandatangani kontrak lima tahun setelah menyelesaikan pemeriksaan medis pada hari sebelumnya.

Baca Juga

"Adeyemi adalah pemain muda internasional Jerman yang sangat berbakat. Melalui penyelesaiannya yang kuat dan kecepatannya yang luar biasa akan menjadi tambahan yang berharga untuk permainan menyerang kami," kata Direktur Olahraga Dortmund Michael Zorc dikutip dari The National News, Rabu (11/5/2022).

"Setelah transfer Niklas Sule dan Nico Schlotterbeck, kami mendapatkan pemain lain yang sangat menarik untuk musim depan," kata dia.

Sebastian Kehl, yang akan mengambil alih posisi Zorc musim depan, mengatakan Adeyemi adalah penggemar Dortmund pada masa mudanya. Dia tetap memutuskan untuk bergabung dengan Die Borussen meskipun mendapat beberapa tawaran dari sejumlah klub di liga top Eropa.

Dalam kemiripan yang mencolok dengan jalur karier Haaland, Adeyemi memimpin Bundesliga Austria dengan 19 gol, dan telah mencetak tiga gol untuk Salzburg di Liga Champions. Dia membuat debutnya di timnas Jerman dalam kualifikasi Piala Dunia melawan Armenia dan mencetak gol internasional pertamanya pada September lalu.

Namun, Adeyemi tidak diharapkan untuk menyamai perolehan gol Haaland yang mengesankan setelah melakukan perpindahan yang sama dari Salzburg ke Dortmund. Striker Norwegia itu mencetak 84 gol dalam 86 pertandingan di Bundesliga, Piala Jerman, dan Liga Champions sejak bergabung dengan Dortmund pada Januari 2020.

Kepergian Haaland menambah daftar tren Dortmund kehilangan penyerang bintang mereka. Robert Lewandowski pergi ke Bayern Muenchen pada 2014, Ousmane Dembele ke Barcelona pada 2017, Pierre-Emerick Aubameyang ke Arsenal setahun kemudian, kemudian Christian Pulisic ke Chelsea pada 2019 sebelum Jadon Sancho pindah ke Manchester United tahun lalu.

Adeyemi muncul di barusan muda Bayern Muenchen dan SpVgg Unterhaching sebelum bergabung dengan Salzburg pada 2018. Dia mendapat manfaat dari transfer Patson Daka ke Leicester sebelum musim 2021/22 untuk menjadi starter yang tak terbantahkan untuk Salzburg.

"Dengan cepat jelas bagi saya bahwa saya ingin pindah ke Dortmund ketika saya mengetahui tentang minat klub," kata Adeyemi. "Saya sengaja menandatangani kontrak untuk jangka panjang karena saya yakin bahwa kami akan menjadi tim yang menarik yang akan mampu bermain dan memenangkan gelar dalam jangka menengah," ujarnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA