Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

AS Gelontorkan Bantuan Terbaru ke Ukraina Senilai 40 Miliar Dolar

Rabu 11 May 2022 10:49 WIB

Red: Esthi Maharani

Seorang pria berdiri di kawah ledakan setelah serangan udara Rusia di Bakhmut, wilayah Donetsk, Ukraina, Sabtu, 7 Mei 2022.

Seorang pria berdiri di kawah ledakan setelah serangan udara Rusia di Bakhmut, wilayah Donetsk, Ukraina, Sabtu, 7 Mei 2022.

Foto: AP/Evgeniy Maloletka
AS akan memutuskan paket bantuan terbaru senilai 40 miliar dolar untuk Ukraina.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- House of Representative Amerika Serikat (AS) akan memutuskan paket bantuan terbaru senilai 40 miliar dolar untuk Ukraina. Hal ini sesuai dengan permintaan Presiden Joe Biden dan menunjukkan kuatnya komitmen Washington menggagalkan invasi Presiden Rusia Vladimir Putin yang sudah berlangsung selama tiga bulan.

Pemungutan suara mengenai paket bantuan itu pada Rabu (11/5/2022) ini diprediksi akan mendapat dukungan bipartisan. Paket ini 7 miliar dolar AS lebih banyak dari rencana Biden bulan lalu yang terbagi secara merata antara bantuan militer dan kemanusiaan.

Legislasi baru akan memberi bantuan militer dan ekonomi pada Ukraina, pada sekutu di kawasan, dan mengisi ulang senjata yang telah Pentagon kirimkan sebelumnya. Paket ini juga mencakup bantuan untuk mengatasi kelangkaan pangan dunia yang disebabkan rusaknya produksi di Ukraina karena perang.

Bantuan untuk kelangkaan pangan tersebut senilai 5 miliar dolar AS. Dengan paket terbaru ini total bantuan AS ke Ukraina mencapai hampir 54 miliar dolar AS.

Bulan Maret lalu Kongres mensahkan bantuan sebesar 13,6 miliar dolar. Badan penelitian Kongres AS, Congressional Research Service mengatakan total bantuan ke Ukraina 6 miliar dolar lebih banyak dari anggaran yang AS habiskan untuk bantuan militer dan luar negeri selama tahun 2019

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA