Rabu 11 May 2022 07:15 WIB

Ilmuwan Peringatkan Lautan Mulai Kehilangan 'Ingatannya'

Lingkungan yang biasanya stabil kini menjadi lebih tidak terduga.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Lingkungan yang biasanya stabil kini menjadi lebih tidak terduga.
Foto: Pxfuel
Lingkungan yang biasanya stabil kini menjadi lebih tidak terduga.

REPUBLIKA.CO.ID, PETALUMA -- Lautan yang mengelilingi kita sedang berubah. Saat iklim kita berubah, perairan dunia juga berubah, dengan kelainan yang tidak hanya terlihat pada suhu lautan, tetapi juga strukturnya, arusnya, dan bahkan warnanya.

Saat perubahan ini terwujud, lingkungan laut yang biasanya stabil menjadi lebih tidak terduga dan tidak menentu, dan dalam beberapa hal fenomena ini mirip dengan lautan yang kehilangan ingatannya, saran para ilmuwan.

Baca Juga

“Ingatan laut, keteguhan kondisi laut, adalah sumber utama prediktabilitas dalam sistem iklim di luar skala waktu cuaca,” para peneliti menjelaskan dalam makalah baru yang dipimpin oleh penulis pertama dan peneliti iklim Hui Shi dari Institut Farallon di Petaluma, California, dilansir dari Sciencealert, Rabu (11/5/2022).

“Kami menunjukkan bahwa memori laut, yang diukur dengan persistensi anomali suhu permukaan laut dari tahun ke tahun, diproyeksikan akan terus menurun dalam beberapa dekade mendatang di sebagian besar dunia,” katanya.

Dalam penelitian tersebut, tim mempelajari suhu permukaan laut (SST) di lapisan atas laut yang dangkal, yang disebut lapisan campuran laut atas (MLD). Meskipun MLD relatif dangkal-hanya mencapai kedalaman sekitar 50 meter di bawah permukaan laut-lapisan atas air ini menunjukkan banyak kegigihan dari waktu ke waktu dalam hal inersia termal, terutama dibandingkan dengan variasi yang terlihat di atmosfer di atas.

Di masa depan, namun, pemodelan menunjukkan bahwa efek ‘memori’ dari inersia termal di laut atas akan menurun secara global selama sisa abad ini, dengan variasi suhu yang diprediksi lebih besar secara dramatis selama beberapa dekade mendatang.

“Kami menemukan fenomena ini dengan memeriksa kesamaan suhu permukaan laut dari satu tahun ke tahun berikutnya sebagai metrik sederhana untuk memori laut,” jelas Hui.

Menurut para peneliti, efek menurunkan air di MLD akan memperkenalkan tingkat pencampuran air yang lebih besar di laut bagian atas, yang secara efektif menipiskan lapisan atas. Hal ini diperkirakan akan menurunkan kapasitas laut untuk inersia termal, membuat laut bagian atas lebih rentan terhadap anomali suhu acak.

Artinya bagi satwa liar laut tidak jelas, tetapi para peneliti mencatat bahwa dampak konsekuensial pada populasi mungkin terjadi, meskipun beberapa spesies diperkirakan lebih baik daripada yang lain dalam hal adaptasi.

Pada catatan lain, penurunan memori laut diperkirakan akan membuat para ilmuwan secara signifikan lebih sulit untuk memperkirakan dinamika laut yang akan datang, mengurangi waktu tunggu yang dapat diandalkan untuk semua jenis prediksi yang terkait dengan SST. Ini akan menghambat kemampuan kita untuk memproyeksikan monsun, gelombang panas laut (MHWs), dan periode cuaca ekstrem, antara lain.

Karena cuaca ekstrem diprediksi akan menjadi lebih sering di masa depan, kebutuhan kita untuk secara akurat memperkirakan pengukuran untuk hal-hal seperti suhu laut, tingkat curah hujan, dan anomali atmosfer menjadi semakin penting-tetapi jika lautan kehilangan ingatannya, kita berisiko pergi ke arah lain, kata para peneliti.

“Penurunan yang diproyeksikan dalam memori laut kemungkinan akan menghambat upaya prediksi laut dengan mengurangi waktu tunggu di mana prakiraan SST, termasuk untuk MHWs, terampil,” tulis para penulis.

“Pemanasan di masa depan yang disebabkan oleh MLD menurunkan air juga dapat mengubah statistik suhu ekstrem yang dikombinasikan dengan pengurangan waktu tunggu untuk prediksi kondisi permukaan laut berbasis ketekunan akan menimbulkan tantangan bagi pengelolaan ekosistem dan persiapan bahaya laut," tambah para penulis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement