Rabu 11 May 2022 06:22 WIB

Komisi II akan Bahas PKPU Pemilu 2024 pada 13-15 Mei

Komisi II bersama pemerintah, KPU dan Bawaslu juga akan lakukan finalisasi angggaran.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah
Anggota Komisi II DPR Muhammad Rifqinizamy Karsayuda.
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Anggota Komisi II DPR Muhammad Rifqinizamy Karsayuda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi II DPR Muhammad Rifqinizamy Karsayuda mengatakan, pihaknya sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo terkait pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024. Nantinya, Komisi II akan menggelar rapat bersama dengan pemerintah, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) membahas aturan turunannya.

"Karena itu pada 13 sampai 15 Mei yang akan datang, kami akan melakukan pendalaman terkait dengan rancangan PKPU dan Perbawaslu terkait dengan tahapan-tahapan tersebut," ujar Rifqi saat dihubungi, Selasa (10/5).

Baca Juga

Komisi II bersama pemerintah, KPU, dan Bawaslu juga akan segera melakukan finalisasi terhadap anggaran Pemilu 2024. Dua agenda tersebut disebutnya sebagai upaya agar pesta demokrasi tersebut berjalan dengan sukses.

"Saya kira ini adalah sinyal positif bagi semua pihak yang berkepentingan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024, bahwa agenda konstitusional kita akan berjalan sesuai dengan harapan kita bersama," ujar Rifqi.

Di samping itu, instruksi Jokowi kepada kabinetnya untuk mempersiapkan tahapan Pemilu 2024 sebagai bentuk ketegasannya taat pada konstitusi. Sekaligus garansi bahwa pesta demokrasi tersebut tetap terlaksana.

"Pemerintahan untuk fokus bekerja menyelenggarakan tahapan Pemilu 2024 adalah bagian dari sikap dan garansi beliau terhadap pelaksanaan Pemilu tahun 2024," ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan jajarannya baik menteri dan kepala lembaga agar fokus bekerja menyelenggarakan tahapan pemilu 2024 yang mulai pada pertengahan tahun ini. Hal ini disampaikannya saat memberikan arahan dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (9/5/2022).

Jokowi berharap, agenda-agenda strategis nasional yang menjadi prioritas tersebut dapat terselenggara dengan baik, lancar, dan tanpa gangguan.

"Yang berkaitan dengan tahapan pemilu 2024 yang sudah akan dimulai pertengahan tahun ini, saya juga minta menteri, kepala lembaga agar fokus betul-betul bekerja di tugasnya masing-masing," kata Jokowi saat memberikan pengantar di Sidang Kabinet Paripurna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement