Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Jalur Utama Cianjur Mulai Sepi dari Pemudik

Selasa 10 May 2022 19:42 WIB

Red: Nur Aini

Foto udara Jalan Pantai Selatan (Pansela) di Kecamatan Ciandum, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Memasuki H+7 Lebaran jalur utama Cianjur, Jawa Barat, mulai sepi dari pemudik sehingga arus lalu lintas mulai kembali normal bahkan tergolong sepi.

Foto udara Jalan Pantai Selatan (Pansela) di Kecamatan Ciandum, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Memasuki H+7 Lebaran jalur utama Cianjur, Jawa Barat, mulai sepi dari pemudik sehingga arus lalu lintas mulai kembali normal bahkan tergolong sepi.

Foto: ANTARA/Adeng Bustomi
Kendaraan yang melintas di Cianjur sudah berkurang jauh dibandingkan hari sebelumnya

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Memasuki H+7 Lebaran jalur utama Cianjur, Jawa Barat, mulai sepi dari pemudik sehingga arus lalu lintas mulai kembali normal bahkan tergolong sepi. Hal itu terutama terjadi di titik rawan macet mulai dari Jalan Raya Bandung-Cianjur hingga Jalan Raya Cipanas-Puncak.

Pantauan pada Selasa (10/5/2022), arus kendaraan yang melintas dengan laju di atas rata-rata terlihat mulai dari Jalan Raya Bandung hingga kawasan Puncak Pass, pertigaan yang selama satu pekan terakhir dipasangi kerucut pembatas di tengah jalan sudah dilepas. Petugas di masing-masing pos pam sudah ditarik, tetapi tim pengurai antrean masih di siagakan untuk mengantisipasi ketika terjadi volume kendaraan kembali meningkat menjelang petang.

Baca Juga

Petugas Satlantas Polres Cianjur dan petugas di masing-masing Polsek sudah kembali bertugas seperti biasa. Sehari sebelumnya sejak pagi hingga malam, antrean kendaraan dengan ciri khas mudik dengan tujuan balik ke arah Bogor dan seterusnya masih terlihat tinggi dengan laju tersendat di sejumlah titik rawan macet seperti pintu kereta api Cipeuyeum, Pasar Ciranjang, dan Pasar Cipanas.

KBO Lantas Polres Cianjur, Iptu Yudistira, mengatakan memasuki H+7 lebaran, volume kendaraan yang melintas sudah berkurang jauh dibandingkan beberapa hari sebelumnya karena sebagian besar pemudik sudah kembali ke kota asal masing-masing.

"Kalau puncak arus balik terjadi pada H+4 hingga H+5 lebaran, sedangkan pada H+6 lebaran sudah menurun tajam hingga hari ini," katanya.

Yudistira menambahkan menjelang sore volume kendaraan dengan tujuan Bogor terlihat kembali meningkat didominasi kendaraan pendatang dan warga yang hendak bersilaturahmi serta berwisata terjadi di jalur utama Puncak-Cipanas.

"Untuk antisipasi tim pengurai antrean dan petugas Satlantas Polres Cianjur, masih disiagakan di titik rawan macet. Tidak ada antrean hingga sore namun volume kendaraan bertambah seiring tutupnya tempat wisata," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA