Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

Kesehatan Fisik dan Mental Sama Penting, Begini Cara Menjaganya

Selasa 10 May 2022 18:41 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Qommarria Rostanti

Cara menjaga kesehatan fisik dan mental. (ilustrasi)

Cara menjaga kesehatan fisik dan mental. (ilustrasi)

Foto: www.freepik.com.
Olahraga tiga sampai lima kali sepekan sangat bagus untuk kesehatan fisik dan mental.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesehatan fisik memengaruhi kesehatan mental. Dalam kehidupan seseorang, keduanya harus saling bekerja sama.  

Dilansir di laman indiatvnews pada Selasa (10/5/2022), terdapat beberapa cara agar tubuh dan pikiran sehat. Hal ini harus dibiasakan setiap hari.

Baca Juga

Berikut lima cara menjaga kesehatan tubuh dan pikiran:

1. Memastikan nutrisi tepat sasaran

Hal ini tidak berarti Anda harus terus makan salad sepanjang waktu. Anda perlu memastikan memberi makan tubuh Anda dengan semua nutrisi yang dibutuhkan dari protein, karbohidrat, lemak, hingga semua vitamin dan mineral, sambil memastikan bahwa asupan kalori total Anda sejalan dengan tujuan komposisi tubuh Anda. 

Anda juga harus memastikan bahwa Anda memiliki makanan favorit dan makanan pokok dalam diet. Anda juga harus ingat bahwa 50 sampai 60 persen dari tubuh Anda terdiri atas air. Anda membutuhkan asupan air yang cukup untuk kesehatan yang optimal fungsi otak.

2. Berolahraga dan beraktivitas

Berolahraga setidaknya tiga sampai lima kali dalam satu pekan sangat bagus untuk kesehatan fisik dan mental. Segala bentuk latihan yang aman dan menikmati, adalah awal yang baik bagi sebagian besar dari Anda. Menggabungkannya dengan tetap aktif setiap hari dan berjalan lebih banyak langkah (8-10 ribu langkah) membuat kombinasi yang sempurna.

3. Tidur yang cukup

Tidur selama 7,5 jam setiap hari bisa untuk penurunan lemak yang optimal, fungsi otak, pemulihan dari latihan fisik, dan sebagainya. Tidur yang cukup juga meningkatkan produktivitas dan mengurangi keinginan mengidam, kelaparan, mengurangi peradangan, dan reaktivitas emosional.

4. Manajemen stres

Di sisi lain, manajemen stres juga sama pentingnya. Jika stres dikelola dengan baik, itu sebenarnya dapat membantu Anda tampil lebih baik dan mencapai tujuan. Ingat, kualitas pikiran Anda menentukan kualitas hidup.

Anda harus memperbaiki diri sendiri dan mengurangi sifat buruk mental. Bermeditasi secara teratur dan memiliki rutinitas jurnal rasa syukur adalah pengubah untuk ini.

5. Lingkungan dan manajemen rutin

Pengelolaan lingkungan mencakup segala sesuatu yang ada di lingkungan Anda. Mulai dari makanan di dapur hingga kebiasaan Anda dan orang-orang yang Anda ikuti di media sosial.

Apakah Anda memberikan cukup waktu untuk pertumbuhan diri Anda dan orang-orang yang berarti bagi Anda? Sebab, ini juga akan meluas ke jenis orang-orang yang mengelilingi Anda.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA