Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Purbalingga Selama Arus Mudik-Balik Menurun

Selasa 10 May 2022 15:59 WIB

Red: Nur Aini

Arus Mudik. Ilustrasi

Arus Mudik. Ilustrasi

Foto: Antara/Dedhez Anggara
Arus kendaraan di jalur Purbalingga-Pemalang saat arus Mudik-Balik ramai lancar

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, selama Operasi Ketupat Candi (OKC) 2022 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

"Selama OKC 2022 di Purbalingga terdapat lima kecelakaan lalu lintas dengan tujuh korban luka-luka ringan. Jumlah tersebut menurun dari tahun sebelumnya yang mencapai 15 kejadian dan ada korban meninggal dunia," kata kata Kepala Kepolisian Resor Purbalingga Ajun Komisaris Besar Polisi Era Johny Kurniawan saat konferensi pers di Purbalingga, Selasa siang (10/5/2022).

Baca Juga

Kapolres mengatakan dalam pelaksanaan OKC 2022, pihaknya menerjunkan 352 personel yang tersebar di enam pos pengamanan, enam pos objek wisata, dan pos pantau di titik-titik rawan kecelakaan. Ia mengakui arus kendaraan di jalur Purbalingga-Pemalang selama OKC 2022 terpantau ramai lancar.

"Kita ketahui bersama bahwa itu (jalur Purbalingga-Pemalang) jalur rawan utama. Selain karena konstruksinya yang menurun (tanjakan dan turunan), jalannya juga sempit sehingga sering terjadi kepadatan-kepadatan," katanya.

Ia mengatakan kepadatan arus kendaraan yang melintas di jalur Purbalingga-Pemalang meningkat hampir 20 persen seiring dengan adanya kebijakan satu arah atau one way di jalan tol dari Kalikangkung menuju Jakarta terutama pada H+1 Lebaran dan H+2 Lebaran. Kapolres mengatakan berdasarkan data, jumlah pemudik yang masuk Purbalingga melalui Terminal Bus Tipe B Purbalingga dan Terminal Bus Tipe A Purbalingga tercatat sebanyak 4.342 orang.

Menurut dia, jumlah kendaraan yang masuk wilayah Purbalingga hingga H-3 Lebaran 2022 tercatat sebanyak 51.265 kendaraan roda empat dan 6.819 kendaraan roda dua. Sementara kendaraan yang keluar dari wilayah Purbalingga hingga H+3 Lebaran tercatat sebanyak 54.521 kendaraan roda empat dan 8.325 kendaraan roda dua.

Terkait dengan tindak pidana, dia mengatakan tercatat dua pencurian dengan pemberatan serta satu kasus penemuan mayat yang hanyut dari Kabupaten Banjarnegara.

"Alhamdulillah dalam pelaksanaan OKC 2022 secara keseluruhan di Purbalingga dalam kondisi aman, tertib, dan lancar sehingga masyarakat bisa melaksanakan mudik untuk bertemu keluarga masing-masing," kata AKBP Era Johny.

Usai pelaksanaan OKC 2022, kata dia, pihaknya melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) pada tanggal 10-17 Mei 2022.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA