Selasa 10 May 2022 16:02 WIB

Microsoft Tambah Persyaratan untuk Instal Windows 11

Microsoft mulai memaksa pengguna Windows 11 Pro untuk membuat akun Microsoft

Rep: Meiliza Laveda / Red: Dwi Murdaningsih
Menu start di windows 11
Foto: digitaltrends
Menu start di windows 11

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam Windows 11 terbaru, Microsoft mulai memaksa pengguna Windows 11 Pro untuk membuat akun Microsoft dan memiliki koneksi internet aktif saat menginstal Operating System (OS). Ini menjadi tambahan persyaratan lain untuk penginstalan.

Sebagai bagian dari Windows Insider Build 22616, Anda dapat mendaftarkan pembaruan saat ini dalam pengembangan. Microsoft telah memperingatkan tentang persyaratan yang akan datang untuk pengguna Windows 11 Pro sejak Februari. Namun, itu datang terlalu cepat karena hanya pengguna Windows 11 Enterprise yang dapat menginstal Windows 11 tanpa koneksi internet atau akun Microsoft.

Baca Juga

Meskipun ada banyak alasan bagus untuk memiliki akun Microsoft, termasuk kemampuan untuk membiarkan Anda bermain Fortnite online secara gratis, ini menjadi kelemahan untuk instalasi Windows 11 Pro dan Home. Anda sekarang dipaksa untuk masuk ke akun dan menyerahkan informasi ke Microsoft, bahkan sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan komputer Anda.

Untungnya, bagi mereka yang ingin meningkatkan atau menginstal Windows 11 Pro tanpa akun Microsoft masih ada harapan. Sejak peluncuran Build 22616, pengguna telah menemukan jika Anda memasukkan kredensial palsu saat diminta untuk masuk ke akun Microsoft Anda, Anda akan diberikan pesan kesalahan dan opsi untuk mengklik tombol “Next” yang akan membawa Anda ke langkah berikutnya dari proses instalasi.

Tidak semua Insider Preview Build 22616 Windows 11 buruk. Sebab, di samping persyaratan instalasi yang diperbarui, Microsoft juga telah menerapkan fitur bilah pengontrol baru untuk pengontrol Xbox yang membuat game Anda yang terakhir dimainkan hanya dengan menekan tombol.

Dilansir Tech Radar, Selasa (10/5/2022), laporan AdDuplex terbaru menunjukkan tingkat adopsi Windows 11 telah melambat. Sepertinya keputusan yang membingungkan dari Microsoft untuk memasang lebih banyak penghalang dalam proses instalasi dapat menghalangi pengguna potensial.

Di samping persyaratan TMP 2.0 yang terkenal yang membuat jutaan pengguna potensial terkunci ke Windows 10, itu mulai terasa seperti Microsoft tidak ingin penggunanya saat ini untuk meningkatkan ke OS terbaru dan yang dianggap terbaik. Sebab, ini hanya membuat peningkatan lebih sulit dibandingkan lebih mudah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement