Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

Ini Penyebab Haaland Pilih Gabung Manchester City daripada Manchester United

Selasa 10 May 2022 16:30 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto

Striker Borussia Dortmund Erling Haaland. Manchester City bisa menjadi favorit pelabuhan selanjutnya bagi Haaland.

Striker Borussia Dortmund Erling Haaland. Manchester City bisa menjadi favorit pelabuhan selanjutnya bagi Haaland.

Foto: . EPA-EFE/FRIEDEMANN VOGEL
Keputusan Haaland memilih Man City dianggap hal wajar.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Bursa transfer musim panas belum resmi dibuka, namun Manchester City telah melakukan gebrakan dengan meresmikan perekrutan Erling Braut Haaland dari Borussia Dortmund. Alhasil, kepindahan itu dinilai sebagai pembelian fantastis untuk mercato kali ini.

The Athletic masuk dalam salah satu sejumlah outlet berita olahraga yang menyatakan kepindahan Haaland dari lembah Ruhr, Dortmund, ke tim elite Liga Primer Inggris Manchester City sudah tercapai.

Baca Juga

Penyerang berpaspor Norwegia itu memang kerap santer bakal angkat koper dari Signal Iduna Park ke salah satu tim raksasa Eropa yakni Real Madrid, Manchester United (MU), pun Manchester City.

Sebagaimana diberitakan ESPN dikutip Caughtoffside, Senin (9/5), Haaland telah menyatakan minatnya untuk bergabung dengan Man City dan menolak proposal menarik dari Manchester United.

Sumber itu menjelaskan, Haaland menepis tawaran berseragam the Red Devils lantaran performa jeblok yang dialami Manchester United dalam dua bahkan tiga musim ke belakang.

Sebelumnya, kehadiran Haaland disebut bakal menjadi pengganti jangka panjang Cristiano Ronaldo. Namun, dengan kepastian saat ini praktis Manchester Merah harus mencari alternatif penyerang lain.

"Ini sangat mengecewakan, karena pemain seperti Haaland merupakan sosok yang ingin Anda lihat di Manchester United," kata eks pemain MU, Luke Chadwick.

Chadwick menormalkan keputusan Haaland berpihak kepada Manchester City. Sebab, untuk mendatangkan pemain sekelas Haaland MU jelas harus kembali menjadi tim besar dan bersaing di level atas Eropa.

"Haaland adalah salah satu yang terbaik di Eropa saat ini dan kekhawatiran bahwa dia menepiskan MU karena ia ragu tim mampu memenuhi ambisinya. Ini adalah situasi yang sulit bagi Man United karena di situlah para pemain ingin berada," kata pria berusia 41 tahun.

Untuk diketahui, Haaland akan merapat ke Etihad Stadium dengan nilai transfer sekitar 75 juta euro alias sekitar Rp 1,1 triliun. Jumlah itu merupakan nominal klausul pelepasan yang ada di dalam kontrak sang penyerang.

Lebih lanjut Man City akan mengabulkan permintaan perwakilan Haaland terkait besaran gaji yang membuat penyerang berusia 21 tahun memperoleh upah sebesar 500 ribu pounds per pekan dalam kontrak berdurasi lima tahun.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA