Selasa 10 May 2022 12:39 WIB

Puan Berpeluang Diusung PDIP di Pilpres 2024

Elektabilitas PDIP jadi modal Puan di Pilpres 2024

Ketua DPP PDIP bidang politik dan hubungan antarlembaga Puan Maharani (baju hitam) dinilai berpeluang diusung PDIP di Pilpres 2024.
Foto: istimewa
Ketua DPP PDIP bidang politik dan hubungan antarlembaga Puan Maharani (baju hitam) dinilai berpeluang diusung PDIP di Pilpres 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua DPR RI Puan Maharani dinilai berpeluang besar diusung dalam Pilpres 2024 oleh PDIP. Sekalipun elektabilitasnya masih belum tinggi, jika sudah dicalonkan PDIP, diyakini elektabilitasnya akan tinggi.

“Angka elektabilitas Puan apabila sudah resmi dicalonkan PDIP akan naik," kata pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Surya Vandiantara, dalam siaran persnya, dalam siaran pers, Selasa (10/5/2022).

Baca Juga

Siapa pun calon yang diusung PDIP di Pilpres 2024, baik itu capres maupun cawapres, menurut Surya, akan meningkat karena elektabilitas PDIP akan terkonversi dengan solid pada dukungan calon di pilpres.

Hal ini, kata dia, karena PDIP masih menjadi partai politik yang elektabilitasnya tertinggi. Pemilih PDIP diyakininya akan solid mendukung siapapun tokoh yang dicalonkan oleh partai berlambang banteng itu.

"Dalam konteks inilah, Puan paling punya peluang untuk dicalonkan, baik dalam posisi capres maupun cawapres,” ujar Surya.

Surya juga menjelaskan, PDIP merupakan satu-satunya partai yang bisa mengusung calon sendiri. Partai berlambang banteng moncong putih ini, tidak perlu berkoalisi dengan partai lain. Sehingga, PDIP lebih leluasa untuk mengusung calon pilihan mereka.

"PDIP tak perlu terjebak pada elektabilitas figur karena sebagai partai ideologis kepemimpinan nasional dituntun oleh garis perjuangan partai,” kata Surya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement