Selasa 10 May 2022 08:47 WIB

Stok Darah Menipis, PMI Imbau Warga Kota Depok Sukarela Donor

Selama libur Lebaran, tren pendonor di Depok menurun, permintaan malah naik.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas PMI menunjukkan kantong darah saat doror darah di kawasan Mampang, Kota Depok, Jawa Barat, Ahad (30/1/2022).
Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Petugas PMI menunjukkan kantong darah saat doror darah di kawasan Mampang, Kota Depok, Jawa Barat, Ahad (30/1/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Stok darah yang menipis akibat libur lebaran Idul Fitri 1443 H, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok pun mengimbau masyarakat untuk secara sukarela mendonorkan darahnya. Hal itu lantaran donor darah selama menjelang dan sesudah Lebaran, menurun akibat masyarakat banyak yang pulang kampung.

"Kami mengimbau warga supaya bisa mendonorkan darahnya, khususnya untuk golongan A yang hanya tinggal 10 labu darah," ujar Ketua PMI Kota Depok Dudi Mi’raz saat ditemui di Markas PMI Kota Depok, Jawa Barat, Senin (9/5/2022).

 

Menurut Dudi, selama libur Lebaran, tren pendonor menurun. Sayangnya, pada saat bersamaan, permintaan darah malah bertambah. "Permintaan darah tidak hanya dari Kota Depok saja, tetapi juga dari luar daerah, seperti Jakarta, Bogor dan sebagainya," terangnya.

Dudi menuturkan, petugas tidak bisa menolak permintaan dari luar daerah atas dasar kemanusiaan. "Siapa pun yang meminta, tidak bisa kita tolak. Sekarang yang terpenting kebutuhan stok darah. Jumlah stok darah per hari ini pukul 08.15 WIB tersisa golongan darah A 10 labu, B 12 labu, AB 45 labu dan O 40 labu. Jumlah ini terus menurun seiring meningkatnya permintaan," jelas Dudi.

Dia menjelaskan, untuk masyarakat yang ingin mendonorkan darah, bisa mendatangi Markas PMI Kota Depok, di Jalan Boulevard Raya, Grand Depok City (GDC). Jam operasionalnya masih sama dengan hari biasa, yaitu pukul 08.00-20.30 WIB.

"Bagi warga yang ingin mendonorkan darahnya, bisa datang di jam tersebut ke Markas PMI Kota Depok. Besar harapan kami, masyarakat mau datang langsung dan secara sukarela mendonorkan darahnya," kata Dudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement