Selasa 10 May 2022 02:42 WIB

Lima Gaya Hidup untuk Melawan Obesitas

Obesitas meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Christiyaningsih
Obesitas meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Ilustrasi.
Foto: Reuters
Obesitas meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Obesitas adalah suatu kondisi tubuh di mana terdapat kelebihan jumlah lemak menumpuk. Selain itu, obesitas juga mengarah lebih jauh ke risiko kesehatan lain yang melibatkan penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan sebagainya.

Dilansir Hindustan Times pada Senin (9/5/2022), di negara berkembang obesitas dan kelebihan berat badan adalah kekhawatiran yang terlihat meningkat secara eksponensial selama bertahun-tahun. Berikut lima perubahan gaya hidup yang harus dimasukkan dalam kehidupan sehari-hari demi melawan obesitas:

Baca Juga

1. Mengonsumsi makanan sehat

Makanan yang mengandung karbohidrat olahan, gula, dan makanan yang digoreng harus dihindari secara sadar. Lebih banyak mengonsumsi sayuran berdaun hijau dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

2. Olahraga

Minimal 45 menit dalam sehari harus didedikasikan untuk berolahraga. Olahraga mengencangkan otot Anda dan memiliki efek positif dalam mengurangi lemak perut.  Kombinasi latihan kardio dan latihan beban adalah cara yang baik untuk mengurangi berat badan.

3. Hindari rokok dan alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol membawa efek buruk yang parah bagi tubuh. Alkohol secara langsung memengaruhi hati, sementara merokok menambah komplikasi yang sudah ada terkait dengan obesitas seperti penyakit kardiovaskular dan kanker.

4. Tidur yang Cukup

Untuk mencapai keseimbangan metabolisme dan berfungsi dengan baik setiap hari, tubuh membutuhkan jumlah tidur dan istirahat yang cukup untuk mengisi daya diri kita sendiri.

5. Hindari Stres

Stres menyebabkan pesta makan. Cara alternatif untuk mengatasi stres misalnya seperti meditasi dan yoga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement