Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Ingin Merekam Panggilan Suara WhatsApp? Begini Caranya

Senin 09 May 2022 21:48 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih

Whatsapp. Aplikasi WhatsApp bisa digunakan untuk bermacam hal, namun WhatsApp tidak memberi opsi untuk merekam panggilan suara.

Whatsapp. Aplikasi WhatsApp bisa digunakan untuk bermacam hal, namun WhatsApp tidak memberi opsi untuk merekam panggilan suara.

Foto: EPA/Ritchie B.Tongo
WhatsApp tidak memberi opsi untuk merekam panggilan suara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi WhatsApp bisa digunakan untuk bermacam hal. Anda bisa mengobrol, mengirim lokasi langsung, bertukar foto dan terhubung dengan cepat melalui panggilan hanya dengan satu klik.

Namun, Anda mungkin menyadari fakta bahwa aplikasi tidak memberi Anda opsi untuk merekam panggilan suara.

Baca Juga

Dilansir dari India Today, Senin (9/5/2022), ada beberapa cara merekam panggilan yang bisa Anda coba. Ada kalanya Anda perlu merekam panggilan karena beberapa hal.

Rekaman sangat membantu ketika Anda tidak dapat mencatat saat mendiskusikan sesuatu dalam panggilan. Jadi, Anda dapat mendengarkan rekaman panggilan itu nanti dan tidak pernah melewatkan apa pun.

Metode pertama, jika Anda memiliki ponsel kedua, maka Anda cukup menggunakannya untuk merekam panggilan WhatsApp. Namun, untuk itu, Anda harus tetap menggunakan speaker.

Jika Anda tidak ingin siapa pun mendengarkan percakapan Anda, Anda dapat melakukannya di ruang terpisah. Dengan cara ini, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk merekam panggilan.

Metode kedua, jika Anda tidak keberatan mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk mereka panggilan pribadi Anda, maka Anda menginstalnya melalui Play Store. Ada banyak pilihan di toko aplikasi ini dan Anda dapat memilih salah satunya, sesuai dengan preferensi Anda.

Cara terbaik untuk memilih aplikasi adalah membaca ulasan terlebih dahulu, dan memeriksa peringkat sebelum mengunduh. Dengan cara ini Anda akan mengetahui apakah aplikasi tertentu itu layak untuk Anda perhatikan dan akan berguna bagi Anda.

Salah satunya adalah “aplikasi Call Recorder Cube ACR” untuk merekam panggilan WhatsApp. Aplikasi ini tersedia untuk diunduh di Google Play Store.

Itu dapat secara otomatis merekam semua panggilan WhatsApp masuk dan keluar Anda. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk merekam panggilan dari aplikasi lain, seperti Telegram, Slack, Zoom, Facebook, Signal, dan lainnya.

Bagaimana cara merekam panggilan WhatsApp menggunakan aplikasi pihak ketiga ini?

Proses untuk mengatur perekaman panggilan cukup sederhana. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk di layar. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang bagaimana Anda dapat memulai dengan ini atau mengaktifkan perekaman panggilan.

  1. Instal “aplikasi Call Recorder Cube ACR.”
  2. Setelah mengunduh aplikasi, Anda akan diminta untuk mengaktifkan Cube ACR App Connector di bagian Accessibility  > Settings di ponsel Anda.
  3. Anda dapat memilih untuk mengabaikan fitur pengoptimalan baterai.
  4. Pilih WhatsApp jika Anda ingin aplikasi merekam panggilan WhatsApp Anda. Anda sudah siap sekarang. Anda selalu dapat memilih untuk menonaktifkan perekaman otomatis dan merekam panggilan secara manual. Untuk ini, Anda dapat mengetuk menu hamburger > Recording > nonaktifkan perekaman Autostart.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA