Senin 09 May 2022 14:47 WIB

SI Jabar Lirik Anies-Ridwan Kamil

SI Jabar menilai Anies-Ridwan Kamil berpotensi menangi Pilpres 2024.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) berbincang dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) pada acara Urban20 Sherpa Meeting di Jakarta, Rabu (23/3/2022).  SI Jabar melirik pasangan Anies-Ridwan Kamil.
Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) berbincang dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) pada acara Urban20 Sherpa Meeting di Jakarta, Rabu (23/3/2022). SI Jabar melirik pasangan Anies-Ridwan Kamil.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Ketua DPW Syarikat Islam (SI ) Jawa Barat, KH Nandang Koswara, menilai Ridwan Kamil (RK) merupakan figur yang konsisten memperjuangkan nilai Islam, Pancasila dan UUD. Karena itulah SI Jabar mendukung Ridwan Kamil untuk maju di Pilpres 2024 mendatang.

"Tentu visi dan misi Pak Emil (Ridwan Kamil) didukung walau masih dini. Tapi kita tetap memberikan dukungan melalui proses yang akan berjalan ke depan,” ungkap Nandang, usai silaturahmi DPW SI Jabar, Ahad (8/5/2022).

Nandang mengaku mengetahui kalau Ridwan Kamil menunjukkan komitmen dan kebijakan yang berpihak kepada masyarakat hingga menjaga kelompok minoritas, setelah ia bertemu dan berdiskusi dengan Ridwan Kamil.

Mengenai pasangan Ridwan Kamil, Nandang menilai pasangan pas Ridwan Kamil adalah Anies Baswedan. Selain berpotensi menang, keduanya juga bisa saling melengkapi. "Jika Anies Baswedan berduet dengan Ridwan Kamil, kalau perhitungan manusia pasti menang,” kata Nandang.

Dalam diskusi yang dilakukan di lingkungan SI, menurut dia, duet Anies dan Ridwan Kamil sering muncul. Mereka dinilai sebagai  tokoh muda yang berkomitmen.

Namun Nandang menegaskan kalau saat ini konstelasi politik masih cair. "Tapi Syarikat Islam berharap, dari dakwah-dakwah kelompok kecil, kita berharap ada manuver ke arah situ (duet Anies-RK),”  ungkapnya.

Jika nanti Anies dan Ridwan Kamil berpasangan, Nandang meminta agar mereka murni maju untuk kepentingan rakyat. Jangan menjadi  boneka oligarki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement