Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Susah Tidur Nyenyak Saat Cuaca Panas, Bagaimana Cara Mengakalinya?

Senin 09 May 2022 13:16 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Kegerahan saat tidur (ilustrasi). Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk membuat tidur lebih nyaman saat cuaca panas.

Kegerahan saat tidur (ilustrasi). Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk membuat tidur lebih nyaman saat cuaca panas.

Foto: Pixabay
Banyak orang kesulitan tidur dengan nyenyak saat cuaca sedang panas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tidur adalah waktu yang penting bagi tubuh untuk beristirahat dan membuatnya kembali bugar. Namun, selama musim kemarau, tidur dengan nyenyak bisa menjadi suatu hal yang sulit diraih.

Bahkan, di Inggris, dua pertiga warganya melaporkan masalah terkait tidur ketika musim panas. James Higgins dari perusahaan tempat tidur organik, Ethical Bedding, memberikan beberapa tips untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang kala musim panas. Salah satu tips dari Higgins adalah tidak membuka jendela saat tidur.

Baca Juga

"Membuka jendela akan membuat banyak udara panas dari luar masuk begitu saja ke dalam rumah dan menyebabkan peningkatan suhu yang pengap. Jika Anda membutuhkan udara alami, boleh saja buka jendela, sebentar saja," kata Higgins seperti, dilansir Express, Senin (9/5/2022).

Selain itu, Hinggins juga menyarankan agar mematikan lampu kamar ketika hendak tidur. Itu dilakukan bukan saja ketika tidur di malam hari, namun juga ketika siang hari.

Spesialis tidur juga merekomendasikan penggunaan tirai tebal untuk menghalangi cahaya matahari dan udara panas yang masuk melalui jendela. Langkah ini akan membantu mengontrol suhu kamar antara 15,6 hingga 19,4 derajat Celsius, yang mana sesuai dengan rekomendasi suhu terbaik untuk tidur.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA