Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Merek-Merek Besar Diminta Tarik Mobil dari Pasar China, Kenapa?

Senin 09 May 2022 02:10 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

BMW Group. ilustrasi

BMW Group. ilustrasi

Foto: Pxfuel
Regulator meminta ribuan unit dari Mercedes Benz, BMW dan Maserati diperbaiki.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Produsen otomotif asal Jerman Mercedes-Benz dan BMW serta pabrikan asal Italia Maserati diperintahkan untuk menarik kembali (recall) ribuan produknya dari pasar China. Penarikan ini bertujuan untuk perbaikan karena ada cacat produksi.

Mercedes-Benz menarik 2.367 unit mobil dari konsumen China karena adanya kekhawatiran pada kegagalan komponen dan masalah perakitan yang berpotensi membahayakan keselamatan berkendara.

Baca Juga

Badan Regulasi Pasar China (SAMR) kepada pers, Sabtu (7/5), mengatakan produk Mercedes-Benz yang ditarik adalah 2.465 unit C-class dan E-class, satu unitEQC dan satu unit GLC SUV. Mobil-mobil tersebut buatan China dan impor. SAMR mencantumkan waktu penarikan mulai 31 Mei 2022.

Komponen plastik pada jok depan mobil-mobil tersebut dibuat dengan menggunakan material tak sesuai standar sehingga memungkinkan timbulnya kerusakan dan mengancam keselamatan penumpang.

Sementara itu, BMW menarik 194 unit BMW IX yang diimpor oleh China dan dibuat pada Agustus 2021 dan Februari 2022 karena ada masalah pada piranti lunak. Maserati menarik lima unit MC20 yang diimpor China dan dibuat pada Desember 2021 dan Januari 2022 karena ada masalah pada indikator lampu belakang.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA