Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Polresta Bogor Siapkan Titik Khusus Antisipasi Puncak Arus Balik

Ahad 08 May 2022 00:35 WIB

Red: Ratna Puspita

Ilustrasi. Kepolisian mulai mengantisipasi puncak arus balik wisatawan Lebaran 2022 dengan menyiapkan 17 titik khusus pengamanan jalur utama dari Simpang Ciawi hingga Terminal Baranangsiang, mulai Sabtu (7/5/2022) malam.

Ilustrasi. Kepolisian mulai mengantisipasi puncak arus balik wisatawan Lebaran 2022 dengan menyiapkan 17 titik khusus pengamanan jalur utama dari Simpang Ciawi hingga Terminal Baranangsiang, mulai Sabtu (7/5/2022) malam.

Foto: ANTARA/Arif Firmansyah
Ada 17 titik khusus pengamanan jalur utama dari Simpang Ciawi hingga Baranangsiang.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kasatlantas Polresta Bogor Kota AKP Galih Apria menyatakan kepolisian mulai mengantisipasi puncak arus balik wisatawan Lebaran 2022. Langkah yang dilakukan, yakni menyiapkan 17 titik khusus pengamanan jalur utama dari Simpang Ciawi hingga Terminal Baranangsiang, mulai Sabtu (7/5/2022) malam.

"Ada 7 kilometer dan itu disiapkan 17 titik yang akan kita siagakan dari sore sampai pagi lagi," katanya di Mapolresta Bogor Kota, Sabtu malam.

Baca Juga

Ia menjelaskan, setidaknya ada 59 personel Polresta Bogor Kota dibantu 20 personel Dinas Perhubungan dan 20 personel Satpol PP Kota Bogor yang disiagakan untuk bersiaga di sepanjang jalur padat kendaraan tersebut. Ia mengatakan, kesiagaan petugas dalam Operasi Ketupat Lodaya ini untuk mengantisipasi lonjakan kepadatan kendaraan seperti pada Rabu (4/5/2022) malam atau H+1 Lebaran 2022 meskipun lalu lintas kendaraan hingga H+3 atau pada Jumat (6/5) semakin menurun.

Ia menambahkan, arus balik dan arus wisatawan yang terjadi di Puncak, Kabupaten Bogor, pada Rabu siang hingga sore hari membuat sibuk Satlantas Polresta Bogor Kota dan petugas gabungan pada malam hari. Petugas memerlukan waktu satu jam untuk mengurai kepadatan, yakni pukul 23.00 sampai 24.00 WIB.

"Kami siagakan mengantisipasi seperti lonjakan pada Rabu kemarin, saya turun di lapangan sampai jam 12 malam sudah terurai. Di situ jam 1 malam juga sudah lancar," katanya.

Ia menjelaskan, saat ini kepolisian antardaerah telah lebih intensif berkoordinasi melalui link pantauan lalu lintas melalui kanal Youtube agar menyesuaikan kesiapan pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat yang kendaraannya akan melintas ke Kota Bogor. Polresta Bogor Kota terus memantau situasi lalu lintas dari daerah yang menjadi sasaran mudik lokal dan wisata lokal di sekitar Jabodetabek dan Jawa Barat.

"Kami minta dan kami diberikan sisi televisi daring berupa link Youtube. Kalau rekan-rekan minta saya berikan. Contohnya dari arah Pangandaran, Puncak dan sebagainya," kata Galih Apria.

Hasil pantauan pada Sabtu (7/5/2022) pagi hingga sore hari, lalu lintas kendaraan di Kota Bogor ramai lancar. Titik-titik kepadatan kendaraan hanya terjadi di jalur sistem satu arah (SSA) dari Tugu Kujang, pintu 1 Kebun Raya Bogor hingga ke Jalan Ir H. Juanda di depan Mal BTM.

Banyak masyarakat yang berjalan kaki di trotoar sambil melihat-lihat dagangan pedagang kaki lima (PKL) dadakan di sepanjang jalur tersebut.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA