Jumat 06 May 2022 23:17 WIB

Keberangkatan Penumpang KA di Daop 3 Cirebon Masih Ramai

Puncak keberangkatan penumpang telah terlewati pada Kamis (5/5/2022).

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Keberangkatan Penumpang KA di Daop 3 Cirebon Masih Ramai (ilustrasi).
Foto: Antara/Aprillio Akbar
Keberangkatan Penumpang KA di Daop 3 Cirebon Masih Ramai (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON – Keberangkatan penumpang kereta api (KA) dari stasiun-stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon masih tinggi, Jumat (6/5). Padahal, puncak keberangkatan penumpang telah terlewati pada Kamis (5/5).

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto, menyebutkan, jumlah penumpang yang naik/berangkat pada hari ini, Jumat, 6 Mei 2022 mencapai 8.195 penumpang.

Baca Juga

‘’Kondisi arus balik pada hari ini ramai,’’ ujar Suprapto, Jumat (6/5/2022).

Sedangkan rekor jumlah penumpang naik tertinggi selama masa angkutan Lebaran 2022, di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon, terjadi pada Kamis, 5 Mei 2022. Yakni, mencapai 9.304 penumpang.

Sementara itu, untuk jumlah penumpang yang turun/kedatangan, semakin menurun dibandingkan hari-hari sebelumnya pada masa sebelum Lebaran. Untuk  penumpang yang turun pada hari ini, Jumat (6/5), mencapai angka 3.945 penumpang.

‘’Puncak kedatangan/penumpang turun telah terjadi pada Sabtu, 30 April 2022, yang mencapai 7.577 penumpang,’’ kata Suprapto.

Suprapto mengungkapkan, guna menghadapi masa arus balik, pihak PT KAI Daop 3 Cirebon telah mengoperasikan KA tambahan. Yakni, enam KA menuju Jakarta (KA Argo Cheribon) dan dua KA menuju Bandung (KA Harina serta KA Ciremai).

Suprapto menyebutkan, total perjalanan KA yang beroperasi pada masa arus balik di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon ada 115 KA. Yakni, terdiri dari pemberangkatan awal dari Daop 3 Cirebon sebanyak sepuluh KA dan 105 KA yang melintas di Daop 3 Cirebon.

Adapun perjalanan KA yang pemberangkatan awal dari PT KAI Daop 3 Cirebon adalah enam KA Argo Cheribon (Tegal/Cirebon - Gambir/pp), tiga KA Kaligung (Cirebon Prujakan / Brebes - Semarang Poncol/pp) dan satu KA Ranggajati (Cirebon - Purwokerto - Jogyakarta - Madiun - Surabaya - Jember/pp). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement