Objek Wisata di Cianjur Jadi Tujuan Istirahat Pemudik

Red: Agung Sasongko

Jumat 06 May 2022 18:23 WIB

Sejumlah pengendara sepeda motor melewati jalan alternatif Pandan Sari, Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Pengendara sepeda motor menggunakan jalur alternatif untuk menghindari kemacetan di jalan utama menuju kawasan Puncak pada libur Lebaran. Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya Sejumlah pengendara sepeda motor melewati jalan alternatif Pandan Sari, Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Pengendara sepeda motor menggunakan jalur alternatif untuk menghindari kemacetan di jalan utama menuju kawasan Puncak pada libur Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah objek wisata di jalur utama Cianjur, Jawa Barat, seperti Kebun Raya Cibodas dan Savilage-Puncak Pass menjadi tempat istirahat pemudik tujuan balik yang menunggu penerapan sistem satu arah. Jalur utama Puncak-Cianjur, pada Jumat siang, telah diberlakukan sistem satu arah guna mengantisipasi macet total seiring puncak arus balik menuju Jabodetabek yang mulai mengular sejak pagi.

Sejumlah rekayasa yang dilakukan petugas tidak dapat menahan volume kendaraan pemudik yang hendak kembali ke kota asal masing-masing di jalur Puncak-Cianjur, sehingga sebagian besar pemudik menikmati macet panjang yang sudah terjadi sejak H+1 lebaran.

Baca Juga

"Kami sengaja melintas di Puncak-Cianjur, meski sudah tahu sejak lebaran hingga hari ini, jalur utama macet setiap hari. Karena ada penerapan satu arah kami bisa mampir ke Kebun Raya Cibodas, rekreasi sambil beristirahat selama beberapa jam," kata pemudik tujuan Tangerang,Jumadi.

Hal senada terucap dari pemudik asal Bandung, Sintiayang sedang menunggu pemberlakuan satu arah sambil beristirahat di Savilage-Puncak Pass sebelum melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

"Lumayan bisa istirahat sambil menikmati suasana alam pegunungan di kawasan Savilage ini, pemandangannya kota Cipanas. Meski sempat terjebak macet, namun cukup puas bisa berlibur sejenak di tengah macet, setelah satu arah baru kami lanjut perjalanan pulang," katanya.

Sementara itu, Manager On Duty Kebun Raya Cibodas, Dodi Kuswara, mengatakan memasuki H+3 lebaran tingkat kunjungan ke kebun raya yang memiliki koleksi jutaan pohon langka itu, mengalami peningkatan yang cukup tinggi dibandingkan hari-hari sebelumnya sebanyak 5.000 pengunjung.

"Sebagian besar pemudik dengan tujuan balik sambil menunggu satu arah diberlakukan menuju Bogor, peningkatan kunjungan sudah terlihat sejak pagi hingga petang. Kemungkinan angka kunjungan akan terus meningkat hingga H+5 lebaran," katanya.