Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Layanan Bus Wisata Gratis Diperpanjang Hingga 11 Mei

Jumat 06 May 2022 17:43 WIB

Rep: Flori Anastasia Sidebang/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Warga antre untuk masuk ke dalam bus wisata gratis Transjakarta di Jakarta, Rabu (4/5/2022). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengoperasikan bus wisata gratis selama libur Lebaran yang beroperasi mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

Warga antre untuk masuk ke dalam bus wisata gratis Transjakarta di Jakarta, Rabu (4/5/2022). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengoperasikan bus wisata gratis selama libur Lebaran yang beroperasi mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Tiga hari beroperasi, 17 ribu warga ikuti layanan bus wisata gratis Transjakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) memutuskan untuk memperpanjang layanan bus wisata gratis hingga Rabu (11/5) mendatang. Hal ini dilakukan lantaran antusias masyarakat yang besar untuk menggunakan layanan tersebut.

"Merespons  animo masyarakat yang tinggi, Transjakarta memperpanjang layanan bus wisata gratis hingga Rabu, 11 Mei mendatang dari jadwal sebelumnya Ahad, 8 Mei 2022," kata Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR PT Transjakarta, Iwan Samariansyah dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (6/5).

Iwan mengungkapkan, dalam kurun waktu tiga hari beroperasi, tercatat sebanyak 17.524 pelanggan menggunakan layanan bus wisata gratis ini. Angka itu, sambungnya, diprediksi akan terus mengalami kenaikan, terutama pada akhir pekan atau weekend mendatang.

Oleh karena itu, Iwan menuturkan, Transjakarta menyediakan delapan  unit bus dengan kapasitas maksimal masing-masing 80 pelanggan.  Ia menyebut, bus-bus ini memiliki desain ramah bagi pelanggan disabilitas yang menggunakan kursi roda. 

“Tidak diperkenankan ada pelanggan yang berdiri sehingga bisa merasa aman dan nyaman,” jelas Iwan.

Pelanggan pun dapat menikmati layanan bus wisata ini mulai pukul 10.00 - 21-00 WIB. Meski gratis, pelanggan akan diberikan tiket sobek (tiso) sebelum memasuki armada bus.

“Selamat menikmati libur Lebaran yang menyenangkan bersama bus wisata gratis kami. Tetap patuhi semua protokol kesehatan yang berlaku demi keamanan dan kenyaman kita bersama,” imbuhnya.

Adapun bus wisata gratis tersebut menyediakan dua rute bus wisata, yakni Jakarta Modern (BW2) dengan rute Juanda Istiqlal (PP), dan Pencakar Langit (BW4) dengan rute IRTI Monas (PP). 

Pelanggan yang ingin menggunakan layanan ini tetap diwajibkan melakukan tap in dan tap out Kartu Uang Elektronik (KUE) pada Alat Tap OnBus (TOB) dengan tarif Rp 0 atau gratis.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA