Tradisi Manjalang Pucuk Adat Talu Saat Idul Fitri Terus Dipertahankan

Red: Ani Nursalikah

Jumat 06 May 2022 16:16 WIB

Warga melaksanakan Shalat Idul Fitri, di Lapangan Imam Bonjol, Padang, Sumatra Barat. Tradisi Manjalang Pucuk Adat Talu Saat Idul Fitri Terus Dipertahankan Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra Warga melaksanakan Shalat Idul Fitri, di Lapangan Imam Bonjol, Padang, Sumatra Barat. Tradisi Manjalang Pucuk Adat Talu Saat Idul Fitri Terus Dipertahankan

REPUBLIKA.CO.ID, SIMPANG EMPAT -- Tradisi manjalang (mengunjungi) pucuk adat saat Idul Fitri terus dipertahankan di Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat. Tradisi ini memiliki  tujuan mempererat silaturahim dan mendengarkan pituah dari Pucuk Adat Kabuntaran Talu Jhonni Tuanku Bosa ke XV.

Tuanku Bosa XV Talu Jhonni usai menggelar acara manjalang mengatakan manjalang Tuanku atau mengunjungi sembari bersilaturahim ini merupakan budaya tradisi masyarakat Talu yang turun-temurun dilaksanakan setiap hari raya Idul Fitri. Pemangku adat datuk masing-masing kampung membawa rombongan terdiri dari alim ulama, cadiak pandai anak cucu kemenakan beserta bundo kandung datang ke Rumah Gadang Talu.

Baca Juga

"Selamat Hari Raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin. Semoga amal ibadah kita di bulan Ramadhan 1443 lalu menjadi amalan terbaik disisi Allah SWT," katanya, Jumat (6/5/2022).

Di hadapan belasan ninik mamak, ia mengajak agar meningkatkan silaturahim bersama anak cucu kemenakan untuk mengajak memperkuat 'Adat basanda Syara' Syara' Basandi Kitabullah'. "Artinya mari perkuat pengamalan adat dan Islam dalam masyarakat kita ini," katanya.

Tuanku Bosa juga mengatakan bagi warga Talamau yang masih berduka tertimpa gempa agar tetap bersabar dan tetap semangat. Menurutnya, masih banyak warga Talamau di Simpang Tiimbo Abu, Kajai yang masih tinggal di tenda maupun hunian sementara (huntara).

"Saya mengajak kita semua di Nagari Talu dan di perantaian ikut membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak gempa," ujarnya.

Selain itu Tuanku Bosa juga mengingatkan agar semua warga mewaspadai peredaran narkoba yang sudah sangat meresahkan. "Pantau anak dan kemenakan kita semua. Jauhi dari pengaruh narkoba dan pergaulan bebas. Mereka merupakan generasi bangsa ke depannya," katanya.

Pada kesempatan itu juga diadakan makan bajamba atau juga disebut makan barapak adalah tradisi makan dengan cara duduk bersama-sama di dalam suatu ruangan di rumah gadang Koto Dalam Talu.