Jumat 06 May 2022 15:48 WIB

Kakorlantas Minta Pengendara tak Tunggu One Way di GT Kalikangkung

Korlantas Polri menerapkan kebijakan satu arah menuju ke Jakarta bisa selama 24 jam.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Pantauan udara Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah terpantau ramai lancar Sabtu (30/4/2022) pada pukul 20.00 WIB.
Foto: Republika/Fakhtar Khairon Lubis
Pantauan udara Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah terpantau ramai lancar Sabtu (30/4/2022) pada pukul 20.00 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Kepala Korlantas Irjen Firman Santyabudi memohon pengertian pengguna jalan tol yang terdampak sistem satu arah (one way) mulai dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Semarang ke arah Jakarta. Kepolisian mulai menerapkan kebijakan satu arah demi mengurai kemacetan akibat arus balik menuju Jakarta.

"Tidak perlu menunggu di pintu tol, one way bisa saja terus 24 jam," kata Firman saat pembukaan sistem satu arah di GT Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (6/5/2022).

Menurut dia, tidak ada kepastian dalam pemberlakuan sistem satu arah. Sehingga, pengendara jangan menunggu di depan pintu tol. Firman meminta masyarakat memanfaatkan di jalur nontol untuk memanfaatkan waktu perjalanan pada sore hingga malam hari saat masyarakat lokal sudah mulai beristirahat.

Firman berharap, arus kendaraan berjalan lancar selama pemberlakuan one way, sehingga bisa dimungkinkan relaksasi satu lajur. Menurut dia, pemberlakuan sistem satu arah dari GT Kalikangkung menuju arah Jakarta sudah sesuai jadwal.

Pemberlakuan satu arah akan dilaksanakan mulai pada 6-8 Mei 2022. Tiga menteri secara resmi membuka pemberlakuan sistem satu arah dari GT Kalikangkung menuju arah Jakarta sekitar pukul 13.57 WIB. Mereka adalah Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement