Istano Basa Pagaruyung Banjir Pengunjung Saat Libur Lebaran

Red: Reiny Dwinanda

 Jumat 06 May 2022 12:57 WIB

Foto udara pengunjung berwisata di Istano Basa Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Rabu (4/5/2022). Destinasi wisata sejarah dan budaya museum berupa replika istana Kerajaan Pagaruyung itu menjadi tujuan favorit wisatawan saat libur Lebaran. Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra Foto udara pengunjung berwisata di Istano Basa Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Rabu (4/5/2022). Destinasi wisata sejarah dan budaya museum berupa replika istana Kerajaan Pagaruyung itu menjadi tujuan favorit wisatawan saat libur Lebaran.

Istano Basa Pagaruyung merupakan destinasi wisata favorit di Tanah Datar.

REPUBLIKA.CO.ID, BATUSANGKAR -- Objek wisata Istano Basa Pagaruyung di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat dibanjiri wisawatan pada libur Idul Fitri 1443 Hijrah. Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Istano Pagaruyung Ridwan mengatakan, jumlah wisatawan terus bertambah sejak Lebaran hari kedua hingga H+ 2 Lebaran.

"Hari pertama itu ada sekitar 8.000 wisatawan, besoknya sebanyak 11 ribu kunjungan, dan pada Kamis hingga pukul dua saja sudah ada 8.000 kunjungan dan angka ini diprediksi terus bertambah sampai sore hari," kata Ridwan di Batusangkar Kamis (5/5/2022).

Baca Juga

Ridwan memprediksi kunjungan ke Istano Basa Pagaruyung akan terus meningkat hingga H+7 Lebaran. Puncak kunjungan diprediksi akan terjadi pada Sabtu (7/5/2022) mendatang.

Sementara itu, Asisten Ekobang Pemkab Tanah Datar Abdul Hakim mengatakan, kunjungan wisatawan ke Tanah Datar, khususnya saat libur ldul Fitri 2022, hampir melampaui jumlah kunjungan pada Lebaran 2019. Hal itu bisa terlihat dari penjualan tiket masuk.

"Pada Rabu itu mencapai Rp 150 juta lebih, belum lagi hari sebelumnya dan hari ini," kata Hakim.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X