Jumat 06 May 2022 10:16 WIB

Arus Balik, Kuota Pengiriman Motor Gratis Masih Tersedia

Kuota pengiriman motor arus balik masih tersedia untuk 3.040 unit motor.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ilham Tirta
Pekerja mengatur muatan angkutan motor gratis (MOTIS) pemudik lebaran di stasiun (ilustrasi).
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Pekerja mengatur muatan angkutan motor gratis (MOTIS) pemudik lebaran di stasiun (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Logistik memastikan saat ini kuota penguriman motor gratis (motis) untuk arus balik Lebaran Idul Fitri 2022 masih tersedia. Direktur Utama KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah mengatakan, periode arus balik akan berlangsung hingga 9 Mei 2022 dengan sisa kuota pengiriman 3.040 unit motor.

“Kami mengimbau masyarakat yang berencana melakukan perjalanan balik menggunakan sepeda motor agar dapat memanfaatkan program yang telah disediakan oleh pemerintah sehingga dapat melakukan perjalanan balik dengan lebih aman dan nyaman,” kata Malik dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (6/5/2022).

Baca Juga

Angkutan motis dengan kereta api tersebut diselenggarakan pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian dan menugaskan PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai pelaksana program. Pendaftaran telah dibuka sejak 20 April 2022 melalui dari http://bit.ly/motis2022 maupun pendaftaran secara langsung di stasiun-stasiun yang melayani program tersebut.

Malik menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin mengikuti program, namun belum memiliki tiket, disediakan fasilitas pembelian tiket kereta api. “Fasilitas ini dapat diakses secara langsung bersamaan dengan pendaftaran pengiriman motor gratis di stasiun-stasiun yang ditunjuk” ujar Malik.

Hingga Kamis (5/5/2022), Malik mengatakan, kuota tiket kereta api relasi Pasar Senen – Semarang Tawang (PP) dan Pasar Senen – Purwosari (PP) masih tersedia sejumlah 6.953 orang selama periode arus balik pada 5-9 Mei 2022. Bagi masyarakat yang ingin mendaftar pada program pengiriman motor gratis dapat membeli maksimal tiga tiket kereta api.

KAI Logistik mencatat sejumlah 3.633 peserta yang telah melakukan pendaftaran selama periode 20 April hingga 4 Mei 2022 untuk arus mudik maupun arus balik. Sementara puncak pengiriman arus balik diprediksi akan terjadi pada tanggal 8 Mei 2022 dengan jumlah motor yang telah didaftarkan sejumlah 427 unit motor.

“Jumlah ini akan terus bertambah selama pendaftaran masih terbuka hingga kuota telah terpenuhi,” kata Malik.

Untuk mengikuti program motis kereta api tersebut, peserta wajib melakukan pendaftaran ulang dan penyerahan motor pada H-1 dari tanggal pengiriman yang dipilih dengan membawa dokumen asli berupa tiket, KTP, dan STNK. Selama proses pengiriman, peserta program dapat melakukan pelacakan mandiri melalui aplikasi KAI Access atau portal kalogistics.co.id dengan memasukkan nomor pengiriman atau Bukti Tanda Terima (BTT).

Peserta motis juga akan menerima SMS notifikasi kedatangan motor untuk dapat segera diambil di stasiun tujuan dengan batas pengambilan 1x24 jam. Peserta cukup menunjukkan dokumen asli berupa KTP, STNK, dan BTT kepada petugas.

Selama periode arus mudik pada 26-30 April 2022, KAI Logistik telah mengangkut sejumlah 1.284 motor. Semua motor tersebut dikirimkan ke berbagai kota baik pada lintas utara maupun lintas selatan.

Baca juga : Ditlantas Polda Jateng Siapkan Skema One Way Lokal Arus Balik

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement