Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Rekayasa One Way dan Contraflow Diberlakukan di Tol Cikopo-Palimanan dan Jakarta-Cikampek

Kamis 05 May 2022 21:17 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Kendaraan melintas menuju Jakarta saat pemberlakuan contraflow di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Kamis (5/5/2022). Polri memprediksi sebanyak 1,9 juta kendaraan akan kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada periode arus balik Lebaran 2022.

Kendaraan melintas menuju Jakarta saat pemberlakuan contraflow di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Kamis (5/5/2022). Polri memprediksi sebanyak 1,9 juta kendaraan akan kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada periode arus balik Lebaran 2022.

Foto: ANTARA/Aprillio Akbar
Jasa Marga menyebut one way mulai dari KM 188 GT Palimanan Tol Cikopo-Palimanan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengatakan rekayasa lalu lintas (lalin) one way dan contraflow akan diberlakukan pada hari ini (5/5). Mulai dari jalan tol Cikopo-Palimanan sampai dengan jalan tol Jakarta-Cikampek.

"One way mulai dari Km 188 Gerbang Tol (GT) Palimanan Jalan Tol Cikopo-Palimanan sampai dengan Km 72 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta direncanakan pada pukul 21.30 WIB," kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru pada Kamis (5/5).

Kemudian, ia melanjutkan contraflow dua lajur mulai dari Km 72 sampai dengan Km 70 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta direncanakan pada pukul 21.30 WIB. Lalu, contraflow satu lajur mulai dari Km 70 sampai dengan Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta telah diberlakukan sejak pukul 15.35 WIB.

"Pemberlakuan ini diputuskan dengan memastikan lajur sebaliknya di Jalan Tol Cipali (arah Palimanan) telah steril sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan menuju arah Palimanan," kata dia.

Ia menambahkan bagi pengguna jalan dari arah Jakarta yang menuju ke arah Cirebon dan Jawa Tengah, dapat melalui jalur alternatif di antaranya yaitu keluar GT Karawang Barat Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek dilanjutkan ke Jalan Raya Klari - Kosambi - Cikampek - Simpang Jomin - Pantura.

Sementara itu, keluar GT Karawang Timur Km 54 Jalan Tol Jakarta Cikampek dilanjutkan ke Klari - Pasar Kosambi - Simpang Jomin - Pantura. Lalu, keluar GT Cikampek Km 72 Jalan Tol Jakarta-Cikampek dilanjutkan ke Simpang Jomin - Pantura.

Sedangkan bagi pengguna jalan dari dan menuju arah Bandung masih dapat menggunakan Jalan Tol Cipularang secara normal karena hingga saat ini di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta masih diberlakukan contraflow.

"Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Pastikan kecukupan perbekalan, saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman," kata dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA