Kamis 05 May 2022 19:21 WIB

Jika Gagal Lolos Liga Champions, Barcelona dan Atletico Madrid Terancam Krisis Keuangan

Barca dan Atletico berpotensi kehilangan Rp 1 triliun jika gagal ke Liga Champions.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Dua klub La Liga Spanyol, Atletico Madrid Vs Barcelona.
Foto: republika
Dua klub La Liga Spanyol, Atletico Madrid Vs Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Atletico Madrid dan Barcelona masih belum aman di posisi empat besar klasemen La Liga Spanyol. Kedua tim mengalami frustrasi musim ini setelah gagal juara di liga dan tersingkir dari Liga Champions.

Situasi itu memiliki konsekuensi yang besar secara finansial bagi kedua klub. Barca hanya selisih enam poin dari Real Betis, dan keduanya akan saling berhadapan akhir pekan ini. Sementara Atletico Madrid hanya unggul tiga poin dari Betis. Di sisi lain, Atletico akan menghadapi musuh bebuyutan, Real Madrid, akhir pekan ini.

Baca Juga

Jika Barcelona dan Atletico kalah, maka hal itu bisa mengancam posisi keduanya di empat besar. Dikutip dari Football-Exspana, Kamis (5/5/2022), jgagal lolos ke Liga Champions bisa membuat Barca dan Atletico kehilangan hadiah sekitar 70 juta euro atau sekitar Rp 1 triliun. Itu belum termasuk dari hak siar dan pendapatan hasil penjualan tiket.

Hadiahnya akan lebih kecil untuk Real Betis, Sevilla, atau Real Sociedad jika tim-tim itu lolos. Sebab kesepakatan hak siar dibagi berdasarkan pangsa pasar yang dikuasai masing-masing tim. Meskipun Sevilla lebih mungkin merencanakan operasi dengan mempertimbangkan Liga Champions, Barcelona dan Atletico tentu mengandalkan keuangan yang dibawanya.

Jika gagal mencapai penyisihan grup Liga Champions musim depan, Barca dan Atletico harus menjual salah satu aset pemain bintangnya untuk menutupi salah satu sumber penghasilan. Oleh karena itu, di masa-masa krusial ini, Blaugrana dan Los Rojiblancos harus berjuang keras untuk bisa tampil di kompetisi kasta tertinggi antarklub Eropa tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement