Jumat 06 May 2022 00:52 WIB

YouTube Go akan Dihentikan karena Dianggap tak Diperlukan Lagi

YouTube mengumumkan akan menghentikan aplikasi YouTube Go pada Agustus nanti

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Christiyaningsih
YouTube mengumumkan akan menghentikan aplikasi YouTube Go pada Agustus nanti. Ilustrasi.
Foto: Pixabay
YouTube mengumumkan akan menghentikan aplikasi YouTube Go pada Agustus nanti. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – YouTube mengumumkan akan menghentikan aplikasi YouTube Go pada Agustus nanti. Alasan penghentian tersebut adalah YouTube tidak menganggap YouTube Go diperlukan lagi.

Awalnya, YouTube Go dibuat sebagai versi sederhana dari aplikasi dasar YouTube yang dirancang khusus untuk tempat-tempat dengan infrastruktur data buruk atau konektivitas yang mahal. Pengguna dapat mengunduh video jika koneksi mereka buruk, mempratinjaunya sebelum menonton, dan mengubah penggunaan MB untuk mengontrol kualitas video. Hal yang tidak dapat dilakukan adalah berkomentar atau membuat video di YouTube Go.

Baca Juga

Negara-negara seperti India memiliki akses ke YouTube Go sementara negara-negara dengan internet yang lebih mapan seperti Amerika Serikat tidak mempunyai akses. Namun seiring dengan kemajuan kinerja ponsel dan infrastruktur yang berkembang, YouTube Go dianggap tidak diperlukan lagi.

Sebagai imbalannya, Tim YouTube merekomendasikan pengguna YouTube Go untuk menginstall aplikasi utama atau mengunjungi situs web melalui browser web seluler agar terus menggunakan layanan mereka.

Penghentian YouTube Go mungkin merupakan efek domino pertama di berbagai jenis perangkat keras dan aplikasi di bawah payung Go. Sebagai permulaan, seri smartphone Android Go mungkin dalam bahaya. Ponsel hemat data ini dibuat sebagai alternatif murah untuk ponsel Android.

Memang, belum lama ini Google mengumumkan edisi Go untuk OS seluler Android 12-nya. Dibandingkan dengan iterasi kesebelasnya, Android 12 edisi Go meluncurkan hingga 30 persen lebih cepat dan secara otomatis menghibernasi aplikasi untuk memperpanjang masa pakai baterai ponsel. Jadi, masih ada peluang untuk sisi perangkat keras dari seri Go.

Masa depan yang tak pasti

Dilansir TechRadar pada Kamis (5/5/2022), Google memiliki beberapa versi Go lainnya dari aplikasi terkenal mereka seperti Gmail Go dan Maps Go. Beberapa dari mereka membanggakan jumlah unduhan besar yang menyaingi YouTube Go dan masih sering melihat pembaruan.

Pembaruan terakhir YouTube Go pada Oktober 2021 sementara aplikasi seperti Google Assistant Go melihat pembaruan pada 2 Mei 2022. Namun aplikasi yang kurang populer seperti Gallery Go terakhir melihat pembaruan pada November 2021. Google belum mengomentari status aplikasi Go lainnya tetapi masa depan mereka sekarang sedikit kurang pasti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement