Kamis 05 May 2022 06:25 WIB

Lebih dari 700 Ribu Pasien Menunggu Operasi di Spanyol

Waktu tunggu rata-rata untuk operasi pasien adalah 123 hari.

Ratusan ribu pasien sedang menunggu operasi di Spanyol, yang sistem kesehatannya terpukul setelah pandemi Covid-19.
Ratusan ribu pasien sedang menunggu operasi di Spanyol, yang sistem kesehatannya terpukul setelah pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID., MADRID -- Ratusan ribu pasien sedang menunggu operasi di Spanyol, yang sistem kesehatannya terpukul setelah pandemi Covid-19. Sebanyak 706.740 pasien mengantre untuk operasi di negara itu, yang merupakan level tertinggi sejak 2003, menurut data Kementerian Kesehatan Spanyol.

Pasien kebanyakan menunggu pembedahan traumatologi, oftalmologi, dan penyakit umum dan perut. Waktu tunggu rata-rata untuk operasi pasien adalah 123 hari.

Akibat pandemi, sebanyak 6.360 pasien Covid-19 mendapat perawatan di rumah sakit, sementara tingkat hunian tempat tidur pasien tersebut di rumah sakit adalah 5,12 persen.

Sekitar 58 persen rumah sakit swasta di Spanyol mengeluhkan kekurangan dokter dan 95 persen rumah sakit mengeluhkan kekurangan perawat.

Asosiasi tenaga kesehatan menekankan bahwa ada masalah serupa di rumah sakit umum, dengan dokter layanan penerimaan pertama bekerja dalam kondisi yang sulit.

Di awal pandemi, Spanyol adalah salah satu negara yang paling terpukul yang bergulat dengan beberapa gelombang dahsyat pandemi.

Menurut Universitas Johns Hopkins AS, Spanyol melaporkan 104.456 kematian akibat penyakit menular, meskipun jumlah sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi karena kurangnya pelaporan pada awal wabah.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/lebih-dari-700000-pasien-menunggu-operasi-di-spanyol/2579050
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement